Dinas Bina Marga Segera Normalisasi Drainase di Kecamatan Sagulung
Oleh : Hendra Mahyudi
Rabu | 13-03-2019 | 17:28 WIB
sampah-drainase1.jpg
Tumpukan sampah di salah satu drainase Kecamatan Sagulung. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Batam segera menormalisasi kembali saluran drainase di sekitar kawasan Kavling Baru, Sagulung.

Kepala DBMSDA Batam, Yumasnur mengatakan, untuk normalisasi drainase secepatnya akan segera mereka kerjakan, karena saat ini ia masih menunggu alat berat yang mengerjakan saluran drainase di tempat lain.

"Dranaise itu sudah kita tinjau, untuk pengerjaannya masih bertahap. Sebab alat berat masih difokuskan di wilayah lain," ujarnya.

Ia menjelaskan, selama musim panas ini, kegiatan normalisasi drainase lebih banyak digiatkan. Hampir semua alat yang ada, setiap hari berkerja mengangkat sedimentasi (pengendapan) yang ada di setiap drainase.

"Memang lagi kita giatkan sebelum timbul banjir, dan di wilayah Sagulung akan diadakan kegiatan normilasasi, alat berat juga nanti akan disiagakan di sana," lanjutnya.

Sementara itu, sejauh ini dari pantauan BATAMTODAY.COM kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan di daerah Kecamatan Sagulung, masih tergolong minim. Terpantau, sampah plastik masih banyak menumpuk di drainase dekat jembatan Kavling Baru.

Hal ini sangat mencemas, pasalnya sampah yang menumpuk begitu banyak dan menyumbat drainase. Hal ini tidak akan terjadi bila saja masyarakat di daerah punya kesadaran terhadap lingkungan.

Setidaknya, menurut informasi yang didapat dari warga, sampah tersebut sudah hampir tiga bulan menumpuk. Padahal tidak jauh dari area tersebut terdapat Tempat Pembuangan Sampah (TPS) sementara.

Editor: Yudha