TMMD ke-104 Kodim 0316/Batam

Penyuluhan Penyakit TBC Sadarkan Warga Pentingnya Menjaga Kesehatan
Oleh : Romi Chandra
Rabu | 13-03-2019 | 09:04 WIB
penyuluhan-tb-galang.jpg
Penyuluhan bahaya penyakit TBC yang diberikan pada masyarakat Kecamatan Galang. (Foto : Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tuberkulosis (TB) atau TBC adalah infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyerang dan merusak jaringan tubuh manusia. Bakteri tersebut dapat ditularkan melalui saluran udara.

TBC biasanya menyerang paru-paru, namun bisa juga menyebar ke tulang, kelenjar getah bening, sistem saraf pusat, jantung, dan organ lainnya.

Jenis tuberkulosis yang diderita oleh pasien sering kali merupakan infeksi TBC laten, di mana terdapat bakteri TBC yang 'tertidur' atau belum aktif secara klinis.

Bakteri TBC akan aktif dan mulai menunjukkan gejala setelah periode waktu tertentu, beberapa minggu bahkan beberapa tahun, tergantung kondisi kesehatan dan daya tahan pasien.

Jika pasien memiliki sistem kekebalan tubuh yang melemah (misalnya pada penderita HIV, kanker, atau pasien yang menjalani kemoterapi), maka TBC akan berkembang lebih cepat.

Hal itu merupakan sebagian penjelasan yang diberikan dr Nazia yang bertugas di Puskesmas Galang kepada puluhan masyarakat yang mengikuti penyuluhan di Kantor Kelurahan Sembulang Kecamatan Galang, Selasa (12/3/2019) kemarin.

Penyuluhan itu sendiri, dilakukan sebagai rangkaian dari kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 yang dilaksanakan Kodim 0316/Batam.

Kegiatan non fisik itu ditujukan agar masyarakat yang tinggal di daerah pesisir bisa memahami dan mendapat ilmu tentang kesehatan.

Seperti yang diutarakan salah satu warga, Soraya, dengan pemahaman yang diberikan dokter, dia bersama warga lainnya dapat memahami mana saja penyakit berbahaya yang dapat menular. "Banyak hal yang bisa kami dapatkan dari penyuluhan ini. Tidak hanya tentang penyakit TBC, tetapi kami juga mengetahui bahwa ada dokter yang berdinas di wilayah kami," ujarnya, yang diamini warga lainnya.

Dilanjutkan, dalam penyuluhan ini, dia bersama warga lainnya juga diberikan pemahaman bagaiman mencegah agar tidak terjangkit penyakit tersebut.

Ia juga berharap, tidak hanya pengetahuan soal penyakit TBC saja yang diberikan, namun juga penyakit lainnya. Apalagi, letak daerah tempat tinggal mereka tergolong jauh dari pusat kota.

"Kami tinggal di daerah yang jauh dari perkotaan, sehingga menyulitkan sekali jika terkena penyakit. Ilmu yang diberikan sangat membantu sehingga kami dapat mencegah agar tidak terjangkit. Dengan kegiatan ini, kami semakin sadar ingin lebih menjaga kesehatan," tambahnya.

Sementara salah satu personil TNI yang ikut membantu dalam penyuluhan itu, Serda Zulham, mengharapkan kegiatan ini dapat memberikan informasi kepada warga, sehingga mengetahui pentingnya menjaga kesehatan.

"Kami juga mengapresiasi antusias warga yang mendengarkan dengan jeli apa saja penejelasan diberikan dokter. Semoga kegiatan non fisik rangkaian TMMD ke-104 ini bisa bermanfaat sekali untuk masyarakat," pungkasnya.

Editor: Gokli