Ada Perbaikan Sumur Gas, 7 Hari ke Depan Terjadi Pemadaman Listrik Bergilir di Batam
Oleh : Hendra Mahyudi
Selasa | 19-02-2019 | 19:04 WIB
listri-padam.jpg
Press conferences PGN dan Bright Batam. (foto: Hendra).

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemadaman listrik secara bergilir akan terjadi di Kota Batam. Kondisi tersebut terjadi dikarenakan supply gas ke Batam menjadi berkurang.

Sales Area Head Perusahaan Gas Negara (PGN) Batam, Wendy Purnomo menjelaskan, berkurangnya pasokan gas tersebut, dikarenakan dilakukannya pengerjaan maintenance major (perbaikan/perawatan) sumur gas Conoco Phillips Grissik Ltd (CPGL). Sehingga, akan berdampak pada sektor listrik dan perindustrian di Kota Batam.

Wendy mengatakan, maintenance major ini memang dilakukan selama 7 tahun sekali. Di mana, terakhir kali pemeliharaan dilakukan pada tahun 2011 lalu.

Ia juga menjelaskan, maintenance major pada sumur gas ini merupakan hal yang tidak bisa ditunda lagi, sehingga akan mempengaruhi pasokan gas di beberapa daerah.

"Tidak hanya Batam, beberapa daerah di Indonesia juga mengalami dampak yang sama, diantaranya Jawa Barat, Pekanbaru, Lampung dan bahkan hinggak ke negara Singapura," ujarnya.

Sebelumnya ia mengatakan, pada tahun 2018 lalu, pihak Conoco Phillips sudah memberitahukan untuk kegiatan pemeliharaan ini, namun dari pihaknya meminta penundaan.

"Sampai mereka katakan tidak bisa lagi. Di mana kita butuh maintenance ini, kita butuh menambah alat untuk kehandalan kedepannya," tegas Wendy.

"Seandainya ini tidak dibuat, kami tidak bisa menjamin (pasokan) kedepannya akan lebih baik," pungkansya.

Editor: Chandra