30 Hektar Lahan Hutan Lindung Tanjung Riau Ludes Terbakar
Oleh : Hendra
Senin | 11-02-2019 | 08:16 WIB
api-riau.jpg
Petugas Damkar saat memetakan lokasi kebakaran untuk mempermudah proses pemadaman. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hutan lindung Tanjung Riau, Sekupang terbakar. Luas lahan yang terbakar diperkirakan 30 Hektar pada Minggu (10/2/2019) sekira pukul 16.00 WIB.

Bayu Rianto (35), warga Perumahan Tiban Diamont menyampaikan, satu hari sebelumnya sudah sempat terjadi kebakaran di hutan tersebut, saat itu masih bisa dipadamkan. Pada Minggu sore, sambung dia, kebakaran kembali terjadi dengan luas lahan yang lebih besar.

"Kemarin juga sempat terjadi kebakaran, pukul 15.00 WIB tetapi api dapat dipadamkan. Sekarang malah kejadian lagi," ujarnya saat dimintai keterangan oleh Polsek Sekupang.

Sementara Kapolsek Sekupang, Kompol Oji Fahroji mengatakan, kebakaran tersebut diduga terjadi karena sampah yang dibakar oleh warga di sekitar areah hutan.

"Seketika apipun menjalar," ujarnya.

Saat itu, 5 unit mobil pemadam kebakaran telah dikerahkan untuk memadamkan api yang terus berkobar. Terlihat api memang sulit dipadamkan dikarena lokasi kebakaran jauh dari jalan dan juga kondisinya yang berbukit-bukit sehingga mempersulit pemadaman.

"Iya, kendala sulitnya pemadaman karena jarak api yang semakin jauh dari area jalan dan juga landscape tanahnya yang berbukit-bukit," pungkas Oji.

Kobaran api berhasil dipadamkan sekitar pukul 19.00 WIB. Dalam peristiwa ini, tidak ada korban jiwa.

Editor: Gokli