Lanal Batam Amankan Sabu 4,9 Kg Asal Malaysia
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Jum\'at | 01-02-2019 | 17:28 WIB
narkoba-lanal-batam.jpg
Komandan Lanal (Danlanal) Batam, Kolonel Laut Iwan Setiawan di Lanal Batam. (Foto: Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tim F1QR dan Patkamla Sea Rider 2 Lanal Batam berhasil mengamankan upaya penyelundupan narkotika jenis sabu seberat 4,9 Kg.

Penangkapn ini dilaksanakan di perairan pulau Putri Nongsa pada Rabu (30/1/2019) dini hari. Dalam pengamanan ini, Tim F1QR dan Patkamla Sea Rider 2 Lanal Batam berhasil mengamankan 2 orang tersangka.

Komandan Lanal (Danlanal) Batam, Kolonel Laut Iwan Setiawan mengatakan, pengamanan ini bermula dari adanya speed boot mencurigakan melintas dari perairan OPL timur menuju Batam.

"Pada pukul 04.45 WIB, ketika kami coba mendekati, kapal tersebut berusaha kabur dan terlihat pengendara speed boot berinisial L membuang suatu barang yang ternyata tas berisi 4,5 kg sabu serta satu unit handphone," kata Iwan di Lanal Batam, Jumat (1/2/2019).

Pada pukul 05.00 WIB, Patkamla Sea Rider 2 Lanal Batam berhasil mengamankan kapal penyelundup tersebut. Setelah dilakukan pengembangan bersama Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepri, pihaknya berhasil mengamankan satu orang tersangka lainnya yang akan menerima barang haram tersebut di Kota Batam.

"Satu orang tersangka lainnya ini merupakan kakak kandung pengemudi speed boat dengan inisial W, dari tersangka W ini kami berhasil amankan uang tunai sebesar Rp 40 juta," ujarnya.

Dari pengakuan kedua tersangka ini, aksi penyelundupan serta menjualkan narkotika jenis sabu tersebut sudah berjalan selama 8 kali. Sabu ini diperoleh dari Malaysi dan akan dibawa ke Kota Batam.

Untuk upah sendiri, L selaku kurir diberikan upah sebesar Rp 2,5 Juta per kg, sedangkan untuk W diberikan upah sebesar Rp 7,5 Juta per kg. Selanjutnya, kasus ini akan akan ditindaklanjuti oleh BNNP Kepri.

Editor: Dardani