KPU Lingga Rekrut Relawan Demokrasi
Oleh : Bayu Yiyandi
Rabu | 23-01-2019 | 15:28 WIB
relawan-demokrasi1.jpg
Rekrutmen relawan demokrasi oleh KPU Lingga. (Foto: Bayu)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga merekrut tenaga relawan demokrasi untuk pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 di Lingga. Rekrutan ini dilakukan KPU untuk membantu pihaknya sebagai penyelenggara dalam mensosialisasikan tahapan pelaksanaan tersebut.

"Kebutuhannya 55 orang. Nanti mereka membantu mensosialisasikan tahapan pemilu 2019 disetiap kecamatan kepada sasaran (masyarakat)," ujar Komisioner KPU Lingga, Hasbullah saat dihubungi BATAMTODAY, Rabu (23/1/2019)

Saat ini, proses rekrutmen relawan sudah berjalan ke tahap tes wawancara. Ada puluhan peserta dari berbagai kecamatan ikut dalam rekrutan.

Sementara mengensi sasaran sosialisasi dan pendidikan pemilih yang dilakukan oleh Relawan Demokrasi ini nanti dijelaskan Hasbullah meliputi 10 basis pemilih, yakni keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, kelompok perempuan, penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, kaum marjinal, komunitas, keagamaan, dan warga internet

KPU Lingga menargetkan Pemilu 2019 di Kabupaten Lingga baik itu Pileg dan Pilpres berjalan lancar dengan partisipasi pemilih hingga mencapai 80 hingga 90 persen.

Para relawan yang terpilih diharapkan mampu melakukan sosialisasi setiap tahapan untuk meningkatkan kualitas proses pemilu dan partisipasi serta kepercayaan publik terhadap proses demokrasi.

"Jadi, masa kerja Relawan Demokrasi ini yaknk selama 3 bulan kedepan setelah terlipih dan di lantik. Relawan ini akan dilantik pada tanggal 25 Januari 2019 setelah selesai pelaksanaan tahapan tes."

Editor: Yudha