Sebulan Tiga Kali Kebakaran

Rumah Warga Griya Batuaji Asri Hangus Dilalap Si Jago Merah
Oleh : Hendra Mahyudi
Kamis | 17-01-2019 | 15:52 WIB
rumah-terbakar11.jpg
Kondisi rumah milik Winarji di Perum Griya Batuaji Asri Tahap I paska kebakaran. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Peristiwa kebakaran kembali terjadi di wilayah Kecamatan Sagulung. Dari kejauhan sirene mobil pemadam kembarakan mulai meraung-meraung dari arah simpang lampu merah Putri Hijau.

Seketika bunyinya memekik hingga ke gendang telinga para warga perumahan Perum Griya Batuaji Asri Tahap 1, Kamis (17/1/2019) pukul 06.00 WIB.

Entah dari mana awal mulanya, yang jelas dengan cepat si jago merah melajap rumah salah seorang warga Griya Batuaji Asri, Kecamatan Sagulung. Dari info yang beredar, diduga asalnya dari korsleting arus pendek rumah milik Winarji.

"Sumbernya kemungkinan dari arus pendek rumah Winarji," ujar Pujianto, Ketua RT/4 - RW/16 Perum Griya Batuaji Asri Tahap 1, 2 dan 3 di lokasi kejadian.

Dari kejadian tersebut tiga rumah menjadi sasaran api yang mengamuk dengan cepat. Sementara itu kebakaran paling parah ialah rumah milik Winarji, Blok O No. 22 yang menjadi pemicu utama kebakaran.

"Sementara itu rumah No 21 dan 23 juga terbar, tapi tidak separah rumah Winarji," lanjut Pujianto.

Kepada pewarta Pujianto mencoba menjelaskan lebih detail kronologis kejadiannya. Diawali dari api yang membakar bagian kamar rumah Winarji, dan terus merambat menuju dapurnya.

Api seketika terus membesar hingga menjalar ke rumah no 21 milik Horizal (tentangga sebelah kanan Winarji) yang membakar atap dapur bagian belakang dan kemudian api juga merayap ke rumah no 23 (tetangga sebelah kiri) milik Ketua RT Pujianto.

"Rumah saya sebagian atap juga kena," jelasnya.

Sementara itu Kapolsek Sagulung, AKP Dwihatmoko Wiroseno saat dikonfirmasi membenarkan adanya peristiwa tersebut di mana penyebab kebakarannya diduga akibat hubungan arus pendek dari rumah milik Winarji.

"Diduga api berasal dari arus pendek," ujarnya singkat.

Dari peristiwa tersebut, 3 rumah menjadi sasara amuk redam si jago merah, sedangkan untuk kerugian materi belum bisa ditaksir dan korban jiwa tidak ada.

Karena kejadian itu, ditambah lagi belum genap sebulan namun telah tiga kali kebakaran terjadi di Kec. Sagulung, yaitu 1. Di Kampung Toba, Tembesi Lestari, 2. Di Kavling Kampung Becok, 3. Perum Griya Batuaji Asri Tahap 1.

Kapolsek Dwithatmoko pun mengimbau kepada segenap warganya agar lebih berhati-hati agar kebakaran tidak terjadi

"Selalu cek rumah apabila ditinggalkan jangan sampai ada sumber api seperti kompor menyala, lupa di matikan. Rokok atau lilin yg menyambar rumah bahkan korsleting listrik yg mengakibatkan rumah terbakar," imbaunya.

Editor: Yudha