Angka Kriminal Kecil, Khamtibmas di Kecamatan Galang Sepanjang 2018 Cukup Kondusif
Oleh : Putra Gema
Sabtu | 05-01-2019 | 19:28 WIB
kapolsek-galang-heri.jpg
Kapolsek Galang, AKP Heri Sujati. (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sepanjang tahun 2018, Kecamatan Galang, Batam, Kepulauan Riau menjadi wilayah yang terbilang angka kriminalitasnya kecil. Bahkan, tidak ada kasus serius yang terjadi di daerah pengujung Kota Batam ini.

Kapolsek Galang, AKP Heri Sujati mengatakan, kasus yang terjadi di wilayah tugasnya hanya seputar persoalan lokal, rata-rata bisa diselesaikan secara kekeluargaan. Seperti untuk kasus pencurian, biasanya hanya terjadi dalam skala kecil yang melibatkan usaha-usaha ternak ayam yang banyak terdapat di daerah itu.

"Kalau curanmor sangat sedikit sekali di daerah ini, walaupun ada itu kecil sekali. Pencurian lain paling sering terjadi tentang ternak ayam yang rata-rata bisa diselesaikan. Perkelahian juga begitu, hanya sebatas emosi sesaat saja," kata Heri ketika ditemui BATAMTODAY.COM, Sabtu (5/1/2018).

Beberapa kasus lainnya yang menyita perhatian di daerah ini, Heri mengaku banyak menemui persoalan tumpang tindih permasalahan lahan. Di mana status lahan yang ada di Kecamatan Galang yang masih status Quo (yang disengketakan), membuat orang-orang banyak yang asal menempati lahan-lahan yang ada. Padahal sebelumnya sudah ada pihak lain yang memilih lokasi tersebut.

"Soal lahan ini memang sering terjadi konflik, karena memang status lahan di sini yang belum memiliki kejelasan," ujarnya.

Meskipun cenderung kondusif dibanding kawasan lain, Heri mengatakan pihaknya tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya hal-hal yang dapat mengganggu stabilitas masyarakat, khususnya aktivitas pergerakan masyarakat dari pulau ke pulau yang ada di daerah Galang.

Di penghujung dan awal tahun, Heri melanjutkan bahwa akan menjadi masa yang menantang bagi pihaknya, karena kondisi perairan yang tidak kondusif. Belum lagi aktivitas massa yang mendatangi kawasan pantai yang jumlahnya cukup banyak di Galang.

Editor: Gokli