Sistem Antrian Pengurusan Paspor di MPP Bakal Gunakan Aplikasi WhatsApp
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Kamis | 03-01-2019 | 16:40 WIB
kepala-imigrasi-batam.jpg
Kepala Imigrasi Kelas I Batam, Lucky Agung Binarto. (Foto: Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Imigrasi Kelas I TPI Batam memutuskan akan membuat pendaftaran paspor di Mall Pelayanan Publik (MPP) melalui aplikasi Whatshapp.

Hal ini disampaikan Kepala Imigrasi Kelas I Batam, Lucky Agung Binarto di kantornya, Kamis (3/1/2018) pagi.

Lucky mengatakan penerapan pendaftaran paspor melalui aplikasi WhatsApp di MPP ini untuk mengantisipasi maraknya oknum calo yang memanfaatkan mengurus paspor secara langsung MPP. Padahal pihaknya membuat pendaftaran pembuatan paspor secara langsung untuk memudahkan masyarakat Kota Batam dalam melakukan pengurusan paspor, namun malah disalahgunakan.

"Jumlah antrian masyarakat membeludak karena memang sistemnya belum terkoneksi. Proses mudah ini malah dimanfaatkan sejumlah oknum seperti nomor antrean malah diperjual belikan," ujar Lucky.

Sejak kejadian itu, sebagai antisipasi antrian membeludak, Imigrasi Kelas I TPI Batam segera melakukan modifikasi dalam melakukan pelayanan. Ia berharap dengan waktu yang tidak lama akan segera digunakan dan terkoneksi dengan sistem.

"Antriannya akan melalui aplikasi WhatsApp. Nanti di WhatsApp itu akan ada balasan silahkan datang ke MPP melalui paspor mandiri," ujarnya.

Mengenai kuota, Lucky mengatakan pada tahun 2019 ini pihaknya sudah memohon pengajuan penambahan kuota melalui kantor wilayah. Dirinya juga berharap pengajuan ini akan segera disetujui.

Editor: Yudha