Dishub Batam Batal Terapkan Sistem E-Parking di Awal Tahun 2019
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Kamis | 03-01-2019 | 14:40 WIB
juru-parkir1.jpg
Juru parkir di Batam. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Rencana penerapan uji coba dan penerapan e-parking Dishub Kota Batam pada awal tahun 2019 gagal dilaksanakan.

Hal ini dikarenakan, masih banyaknya persoalan teknis terkait sistem e-parking yang harus disempurnakan. Kendala lainnya juga terdapat pada beberapa juru parkir (jukir) e-parking yang masih belum menguasai teknis mengoprasikan e-parking walaupun sudah mendapatkan pelatihan khusus sebelumnya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) parkir Dishub Kota Batam, Alexander Banik mengatakan, penerapan e-parking yang diagendakan akan terealisasi pada awal tahun 2019 ini juga belum mendapat persetujuan dari Wali Kota Batam. Hal ini dikarenakan Wali Kota sedang banyak pekerjaan yang lebih prioritas.

"Kami ingin saat diterapkan itu semua sudah clear, tidak ada kendala baik di sistem maupun tenaga teknis operasionalnya. Kalau semua itu sudah oke, kami pastikan e-parking akan kami terapkan sesegera mungkin," kata Alexander melalui telepon selulernya, Kamis (3/1/2018).

Alexander juga sampai saat ini belum bisa memastikan kapan pastinya sistem e-parking ini akan diterapkan.

"Sabar dulu, kami persiapkan semuanya agar sempurna. Kalau nantinya sudah tak ada kendala kan lebih enak menjalankannya," ujarnya.

Terkait uji coba e-parking sendiri, nantinya Dishub Kota Batam akan menurunkan 100 jukir yang akan ditempatkan di 100 titik yang telah terbagi dua, yakni di kawasan pertokoan Nagoya dan kawasan perkantoran di Batam Kota.

Alex mengaku, apabila ujicoba e-parking dipaksakan sesegera mungkin, sedangkan masih ada beberapa peralatan ataupun sistem yang harus disempurnakan terlebih dahulu, ditakutkan akan mempersulit kesiapan uji coba di lapangan.

"Kami terapkan e-parking ini, tujuan utamanya adalah untuk mencegah dan meminimalisir tingkat kebocoran perparkiran di Batam. Soal target, kami realistis saja, 50 persen tercapai pendapatan dari jumlah titik e-parking sudah bagus sekali. Kalau keinginan kami sendiri 100 e-parking bisa berjalan lancar," tutupnya.

Editor: Yudha