Wakapolda Kepri Perintahkan Seluruh Kapolres Update Data Cuaca ke Masyarakat
Oleh : Hadli
Kamis | 03-01-2019 | 14:16 WIB
wakapolda-yan11.jpg
Wakapolda Kepri Brigjen Pol Yan Fitri.

BATAMTODAY.COM, Batam - Wakapolda Kepri Brigjen Pol Yan Fitri memerintahkan Kapolresta dan seluruh Polres untuk memberikan informasi kondisi cuaca di wilayahnya masing-masing kepada masyarakat.

"Seluruh Kapolres wajib hukumnya, berarti harus menyampaikan pesan Kamtibmas terhadap situasi cuaca setiap harinya kepada masyarakat," ucap Yan Fitri, Kamis (3/1/2019) di Mapolda Kepri.

Tidak hanya menyampaikan informasi perkembangan cuaca, Yan juga meminta para Kapolres untuk mengingatkan operator kapal akam keselamatan penumpang serta masyarkat saat akan melaut.

"Ingatkan masyarakat untuk menggunakan life jacket, informasikan kepada nelayan kondisi di laut kalau kondisi cuaca buruk untuk tidak melaut," tambah Jenderal Bintang satu ini.

Yan Fitri juga menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak memaksakan kehendak bepergian menggunakan kapal jika cuaca buruk yang bisa mengancam keselamatan.

Sebelumnya Yan Fitri melakukan pengecekan ke pos pelayanan operasi lilin 2018 ke beberapa pelabuhan penyebrangan daerah di Kepri.

Pertama, Yan Fitri beserta rombongan mengecek pos pelayanan yang ada di pelabuhan ASDP Punggur. Kedua, pos pelayanan di pelabuhan ASDP Tanjunguban, Bintan, dan ketiga di pos pelayanan pelabuhan Tanjungpinang.

Dari kunjungan pos pos pelayanan, untuk pos pelayanan ASDP Punggur, agar mendata jumlah Kapal yang berangkat dan berlabuh, jumlah penumpang, kedatangan dan keberangkatan.

"Saya menekankan agar semua anggota pos mengetahui tugas dan tanggungjawab, dan mensiagakan ambulance dan speedboat sebagai antisipasi bencana, serta menjaga kebersihan dan kerapian pos pelayanan," pesan Yan Fotri.

Untuk di pos pelayanan ASDP Tanjunguban, Bintan, Yan Fitri mengarahkan agar dalam melaksanakan oprasi lilin ini memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, serta kepada kepala posko, setiap hari memberikan arahan terkait tugas dan fungsinya.

"Semua masyarakat yang dilayani agar didatakan dengan baik. tawarkan pelayanan yang disediakan oleh pos, dan pelaksanaan tugas dalam operasi kepolisian harus ada nilai lebih dari hari hari biasanya, serta semua kegiatan dan kejadian di lokasi Kapos harus diketahui," lanjutnya.

Terahkir, di pos pelayanan pelabuhan Tanjungpinang, Yan Fitri menyampaikan agar panel data grafik jumlah penumpang dibuat diagram prediksinya, serta jangan terfokus pada satu hal, karena dalam oprasi ini, harus fokus kepada semua hal.

"Untuk petugas radio, harus selalu standby untuk monitor situasi di lokasi masing-masing. Dalam pelaksanaan tugas jangan terpaku pada rutinitas, tunjukkan kepada masyarakat bahwa kita adalah pelayan. Lakukan ide-ide kreatif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ucapnya.

Editor: Yudha