Jalan di Kawasan Tanjungbuntung Beralih Fungsi Jadi Penampungan Sampah
Oleh : Romi Chandra
Rabu | 02-01-2019 | 13:20 WIB
sampah-menumpuk1.jpg
Tumpukan sampah di jalan beton Kawasan Tanjungbuntung, Bengkong. (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Jalan beton yang berada di kawasan Tanjungbuntung, Bengkong, sudah berubah fungsi menjadi tempat penampungan sampah.

Hal itu bukan dilakukan oleh masyarakat, namun diduga dilakukan oleh Dinas Kenersihan dan Pertamanan Kota Batam. Sebab, di lokasi juga tampak bak sampah milik Dinas Kebersihan.

Tidak hanya itu, posisi bak sampah tersebut juga memakan sebagian jalan. Akibatnya, pengendara yang melewati kalan tersebut tidak bisa melihat pengendara dari arah berlawanan.

Selain mengganggu pengguna jalan, keberadaa sampah beserta baknya di jalan penghubung dari arah Polsek Bengkong menuju Perumahan Pesona Mantang itu juga mengganggu pernapasan, karena aroma yang tidak sedap tercium jelas saat melewati jalan tersebut.

Menurut salah satu warga sekitar, Yuni, lokasi itu dijadikan tempat penampungan sampah sejak jalan sudah dibeton. Sebelumnya, kalan masih tanah dan jarang dilewati orang.

"Keberadaan jalan itu sangat membantu masyarakat yang tinggal di Kampung Tua Tanjungbubtung, karena bisa mempercepat tujuan kalau mau ke Bengkong Laut. Tetapi keberadaan sampah ini sangat mengganggu," ujarnya, Rabu (2/12/2019).

Dilanjutkan, dikarenakan adanya bak sampah di lokasi, juga membuat masyarakat sekitar membuang sampah ke sana. "Yang paling mengganggu karena posisi bak sampah itu memakan sebagian badan jalan, sehingga kita tidak bisa melihat pengendara dari arah berlawanan," sesalnya.

Ia berharap hal ini bisa menjadi perhatian pemerintah. Jika ingin menjadikan suatu tempat untuk penampungan sampah sementara, setidaknya tidak meresahkan masyarakat.

"Memang tempat itu tidak jalan utama, tetapi bukan berarti bisa seenaknya menempatkan bak sampah sehingga mengganggu pengguna jalan. Semoga ini bisa menjadi perhatian pemerintah," pungkasnya.

Editor: Gokli