Satlantas Bersihkan Ranjau Paku di Jalan Raya Menuju Jembatan Barelang
Oleh : Hendra Mahyudi
Senin | 31-12-2018 | 12:40 WIB
bersihkan-paku-jalan1.jpg
Anggota Satlantas Polresta Barelang membersihkan ranjau paku. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Banyaknya masyarakat yang mengeluhkan ranjau paku yang betebaran di sejumlah ruas jalan di Kota Batam, menjadi perhatian serius Satlantas Polresta Barelang.

Hingga Minggu (30/12/2018) kemarin, petuga Satlantas pun menggelar kegiatan bersih-bersih jalan dari ranjau paku di sepanjang jalan dari Mukakuning menuju Jembatan I Barelang, dengan menggunakan magnet.

Cukup banyak paku yang berhasil dibersihkan dari jalan oleh petugas. Paku-paku dengan beragam ukuran itu seketika menempel pada magnet.

"Kita adakan kegiatan ini karena ada laporan masyarakat akan banyakya ranjau paku yang bertebaran di jalanan," ucap Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol I Putu Bayu Pati.

Awal info perihal ranjau paku ini diketahui oleh petugas saat masyarakat mengeluhkan adanya ranjau paku di sepanjang jalan bertebaran melalui medsos milik Sat Lantas Polresta Barelang.

Di laman medsos tersebut, warga menuliskan bahwa mereka menduga ranjau paku ini sengaja disebar oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk kepentingan pihak-pihak tertentu.

Kendati begitu, I Putu tidak bisa memastikan apakah benar ranjau paku ini sengaja disebar atau tidak.

"Kita belum bisa pastikan apakah ranjau paku ini sengaja disebar atau tidak. Karena belum ada yang melihat langsung adanya orang yang dengan sengaja menebar paku di jalan," jelasnya.

Meski demikian, pembersihan jalan dari ranjau paku ini dilakukan petugas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti, ban bocor di jalan. Khawatirnya, ban bocor ini terjadi pada malam hari. Hal ini bisa membuat pelaku kejahatan seperti pembegalan atau perampokan dapat beraksi dengan mulus.

"Jangan sampai ini terjadi," harapnya.

Kepada pewarta, Putu mengajak masyarakat tetap waspada dan berhati-hati di jalan. Jika ban bocor di jalan, Putu menghimbau agar masyarakat tidak berhenti di tempat sepi dan gelap. Begitu juga jika melihat ada orang-orang menebar paku di jalanan langsung adukan kepada pihak kepolisian, jangan langsung main hakim sendiri.

"Hindari keluar pada malam hari. Jika terpaksa, jangan bepergian seorang diri. Kalau pulang kerja, beriringanlah dengan teman yang searah jalan pulang. Begitu juga perihal paku ini, jika melihat ada yang menaburnya langsung kabari polisi, jangan main hakim langsung, biar kita yang tangani," ujar Putu.

Editor: Yudha