E-KTP Tak Kunjung Kelar, Warga Batuaji Ini Terancam Batal Berangkat Umrah
Oleh : Hendra Mahyudi
Rabu | 12-12-2018 | 15:28 WIB
pengurusan-e-ktp1.jpg
Warga sedang menanyakan informasi E-KTP di Kantor Camat Batuaji. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Beberapa daerah masih banyak warga yang belum juga memiliki e-KTP dikarenakan alasan kurangnya ketersedian blanko seperti di Kecamatan Batuaji dan Sagulung.

Bahkan sejumlah warga yang tinggal di Kecamatan Batuaji sempat mengeluh lantaran e-KTP yang dibuatnya telah 5 bulan lebih tak kunjung selesai, setelah melakukan perekaman.

"Sudah hampir lima bulan KTP saya belum juga jadi, dan ini telah ke lima kalinya saya datang," ujar Rega, warga Perumahan Marina Green, Tanjung Uncang dengan nada kesal saat mendatangi kantor Kecamatan Batuaji untuk memastikan apakah e-KTPnya telah selesai.

Sejak awal bulan Agustus lalu Rega telah melakukan perekaman e-KTP di kantor kecamatan Batuaji. Namun hingga saat ini masih belum juga kelar, dengan alasan blangko yang masih kosong dan belum tersedia.

"Tiap kali saya ke kantor camat tidak pernah ada kejelasan kapan e-KTP kelar dicetak. Yang tak enaknya kalau kita tanya jawaban mereka hanya bersabar, dan e-KTP belum selesai. Nanti kalau selesai akan dihubungi. Namun hingga saat ini tidak kunjung juga dihubungi," ujar Rega, Senin (10/12/2018) lalu.

Hal sama juga disampaikan Fahmi, seorang warga Batuaji yang berharap e-KTP nya segera kelar dicetak untuk keperluan dia berangkat umrah pada awal tahun 2019.

"Pasalnya saya bisa tidak berangkat umrah kalau tidak memiliki e-KPT ini," ujarnya kepada pewarta di halaman kantor Kec. Sagulung. Selasa (12/12/2018).

Hal sama juga terjadi di Kecamatan Sagulung, banyak warga yang berlalalu-lalang Rabu (12/12/2018) pagi ini demi keperluan menanyakan kapan jadinya e-KTP yang telah mereka rekam.

Seperti Ibu Siti, seorang warga Perumahan Putri Hijau, Kec. Sagulung yang kesal karena e-KTP anaknya yang masih belum kelar padahal itu buat keperluan anaknya mendaftar kuliah tahun depan.

Kasi Pelayana e-KTP Kec. Sagulung, Herawati mengatakan memang ada sekitaran kurang lebih 600 e-KTP yang telah direkam dikecamatan Sagulung yang hingga saat ini masih belum kelar dicetak, alasannya sama dengan di kecamatan Batuaji, yakni keterbatasan blangko.

Sementara itu, Camat Batuaji, Ridwan saat dikonfirmasi pihak wartawan mengakui kalau sampai saat ini masih banyak e-KTP yang belum tercetak. Bahkan ada yang sedari tahun 2017 lalu.

Hal ini dikarenakan keterbatasan blanko dan imbauan dari pemerintah pusat di mana yang lebih diutamakan dicetak cepat adalah untuk sekolah.

Editor: Yudha