Angin Puting Beliung Melanda Kawasan Kabil Batam
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Selasa | 11-12-2018 | 14:40 WIB
puting-beliung111.jpg
Angin puting beliung di Kawasan Kabil tampak dari Bandara Hang Nadim Batam. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Batam - Angin puting beliung disertai hujan lebat melanda Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Selasa (11/12/2018). Penampakan angin puting beliung ini terlihat pada Pukul 13.45 WIB hingga Pukul 14.20 WIB.

Angin puting beliung ini juga disertai dengan hujan deras yang membuat warga Kota Batam tepatnya kelurahan Kabil merasa panik.

Penampakan angin puting beliung disaksikan warga dari berbagai titik lantaran angin tersebut bergerak di atas perairan perindustrian di kawasan Kabil.

"Anginnya jelas sekali berputar-putar dari atas awan sampai menyentuh air, saya tidak sempat merekam karena saya membawa anak saya dulu kerumah saudara," kata Amran kepada BATAMTODAY.COM di Kabil.

Menurut keterangan para warga yang menjadi saksi di lokasi, sebelum fenomena angin puting beliung itu terjadi. Angin kencang disertai awan hitam pekat melanda daerah tersebut.

Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam, Suratman mengatakan, fenomena puting beliung terjadi karena adanya awan comolonimbus yang menyebabkan puting beliung.
Suratman mengatakan fenomena puting beliung yang terjadi di Batam terjadi diarah sekitar Kabil, Batam.

"Di arah sekitar kabil, tampak awan comolonimbus yang menyebabkan puting beliung," ujarnya.

Hingga berita ini di turunkan, belum diperoleh informasi kemungkinan adanya kerusakan fisik atau korban luka yang diakibatkan fenomena angin puting beliung tersebut.

Editor: Yudha