Ini Alasan BP Batam Berikan Penghargaan kepada PMA di Batam
Oleh : Nando Sirait
Senin | 10-12-2018 | 19:40 WIB
lukita-pma.jpg
Kepala BP Batam, Lukita Dinasrsyah Tuwo saat menyampaikan kata sambutan pada acara Batam Appreciation Day 2018 di Radisson Hotel Batam, Senin (10/12/2018). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam, menggelar Batam Appreciation Day 2018. Pelaksanaan kegiatan ini sendiri dilaksanakan BP Batam, dalam memberikan penghargaan dan sebagai bentuk Terima Kasih atas investasi dan keberadaan bagi Perusahaan Pemodal Asing (PMA), yang telah beroperasi dalam kurun waktu 10 - 30 tahun di Kota Batam, bertempat di Radisson Hotel Batam, Senin (10/12/2018).

Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo menjelaskan adanya penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi BP Batam kepada para pelaku usaha. Selain itu, adanya kegiatan ini sendiri dilaksanakan sekaligus dengan sosialisasi peluang memasukki pasar Amerika Serikat, yang juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Oke Nurwan.

Lukita menambahkan, Batam diketahui sejak lama sudah memiliki industri perdagangan yang dinamis. Pembangunan yang terus berlangsung hingga Batam tumbuh dan berkembang seperti saat ini, di mana dari dulunya hanya sekitar 6.000 jiwa penduduk.

"Sekarang kita bisa lihat kemajuan Kota Batam saat ini, sudah punya infrastruktur yang bagus. Ini semua tentu berkat pertumbuhan ekonomi, karena investasi dan usaha pelaku bisnis," ujarnya.

Namun, Lukitajuga menyatakan adanya keberhasilan Batam saat ini, tidak terlepas dari investasi Batam yang pernah mengalami penurunan sejak 2012 hingga tahun 2017. Di mana pertumbuhan ekonomi Batam mencatatkan terendah sejak menjadi kawasan berikat.

Lukita menjelaskan, dalam menghadapi adanya tantangan kedepan. Pihaknya juga telah melakukan beberapa inovasi, baik dari sisi perizinan, pelabuhan, dan lain sebagainya untuk mempermudah investasi yang akan masuk dan yang telah ada di Kota Batam.

"Saat ini memang sudah mulai meningkat tapi masih jauh dari rata-rata sebelumnya. Ini tantangan yang memang harus kita hadapi," kata Lukita.

Selain itu, BP Batam saat ini juga menawarkan investasi dengan letak geografis Batam yang berdekatan dengan negara-negara lain dan kemudahan yang kompetitif.

Editor: Gokli