Riono Pimpin Forsesdasi Kepri Periode 2018-2021
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 05-12-2018 | 10:41 WIB
riono-ketua.jpg
Sekdako Tanjungpinang, Riono.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Riono terpilih menjadi Ketua Umum pengurus Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) Komisariat Wilayah Kepulauan Riau (Kepri) masa bakti 2018-2021.

Riono terpilih berdasarkan hasil rapat pembentukan Forsesdasi pada 24 Mei 2018 lalu dengan nomor SK 01/FORSESDASI-KOMWIL/V/2018, mengacu pada Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Forsesdasi dan Keputusan Musyawarah Nasional III.

Pengurus Forsesdasi Kepri masa bakti 2018-2021 dikukuhkan Wakil Gubernur Kepri, H Isdianto, yang juga Dewan Pengawas sekaligus pembina Forsesdasi Komisariat Wilayah Kepri di Hotel CK Tanjungpinang, Selasa (4/12/2018).

Dalam kepengurusan Forsesdasi tersebut, yakni Jefridin dari Sekretaris Daerah Kota Batam dilantik sebagai Wakil Ketua, Sekretaris pengurus Forsesdasi Adi Prihantara yakni Sekda Kabupaten Bintan dan empat pengurus inti lainya dari empat sekretaris kabupaten lainnya.

Sebelumnya, dalam sambutannya Isdianto menyampaikan, sukses atau tidak reformasi birokrasi di daerah sepenuhnya berada di tangan para Sekda yang ada.

Oleh sebab itu, lanjut Isdianto, seorang Sekda harus mampu menjadi koki yang baik karena setiap saat selalu dihadapkan dengan daftar menu yang berbeda-besa.

"Pesan saya agar para Sekda mampu menjadi koki yang baik. Ingat setiap waktu menu yang harus disajikan selalu berbeda-beda. Enak atau tidak rasa makanan yang dihasilkan tergantung kepada para Sekda," kata Isdianto di hadapan para Sekda se-Kepri.

Selain itu, Sekda juga harus mampu menjadi pemersatu dan apapun kebijakan harus yang pro masyarakat dan pro ASN. Setiap peraturan yang dibikin sebisa mungkin tidak terlalu menekan ASN karena iklim setiap daerah itu saling berbeda-beda sehingga tidak bisa pola pikir ASN disama ratakan satu daerah dengan daerah lainnya.

"Intinya saya berharap forum FORSESDASI ini tidak hanya sekedar wadah silaturaim saja. Tetapi harus menghasilkan yang lebih dari itu. Dan saya ingatkan juga bahwa Sekda adalah contoh bagi para ASN. Makanya harus beri contoh yang baik. Baik dalam masalah disiplin, pekerjaan dan lainnya. Tujuannya satu, yakni agar Pemprov Kepri ini nanti menjadi lebih baik," tegas Isdianto.

Sementara itu, Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah mengatakan, FORSESDASI merupakan wadah silaturahim dan kebersamaan antar sesama Sekda.

Melakui forum inilah para Sekda saling bertukar wawasan, pengetahuan dan saling memberikan masukan. Hal ini berkaitan karena setiap saat selalu ada aturan-aturan yang berganti.

"Para Sekda dituntut untuk banyak tahu. Karena tugas sekda adalah membantu Kepala Daerah dalam menyelesaikan administrasi. Serta memberikan pelayana dan memperbaiki reformasi birokrasi," kata Arif Fadillah.

Arif juga menjabat sebagai Wakil Ketua Bidanh Ekonomi Forum Sekda se Nusantara ini juga berpesan, agar rapat FORSESDASI ini dilakukan setiap tahun di tempat yang berbeda-beda.

Editor: Gokli