Disperindag Tegaskan Kuota Gas Subsidi Batam Tahun Ini Mencukupi
Oleh : Hendra Mahyudi
Selasa | 04-12-2018 | 13:52 WIB
januar-disperindag11.jpg
Januardi Arif Kurniawan, Kabid ESDM Disperindag Batam. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Januardi Arif Kurniawan, Kabid ESDM Disperindag Batam menjelaskan total jumlah pangkalan gas elpiji di Batam ada sekitar 1.449 pangkalan yang dilayani oleh 11 agen.

"Sebenarnya dari jumlah kuota kita sudah cukup, dan lebih tinggi dibandingkan tahun 2017, kuota kita di tahun 2018 adalah 45 juta kilo untuk 1 tahun," jelasnya.

Januardi mengatakan total per bulan itu ada 900 ribu tabung. "Artinya seharunya sudah bisa mencukupi, seluruh kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Menurutnya, dalam peraturan tabung elpiji (3kg) ini sendiri diperuntukkan untuk rakyat miskin berpenghasilan Rp1,5 juta ke bawah.

"Makanya kita sidak ke lapangan Selasa lalu untuk memastikan apakah ada distribusi yang tidak sesuai dengan ketentuan, seperti ini tadi," ujar Januardi.

Saat ditanyakan perihal konsumsi pemakaian normal untuk satu rumah tangga, Januardi mengatakan 1 rumah tangga pemakaian perbulannya bisa mencapai 3 tabung.

"Satu rumah tangga itu 1 normalnya 3 tabung sebulan. Untuk UKM pemakaiannya 2 kali hitungan rumah tangga, sekitara 9,5 sampai 10 tabung. Kalau lebih dari itu, harusnya menggunakan tabung non subsidi," tegasnya.

Untuk harga sendiri, Januradi mengatakan normalnya gas subsidi adalah Rp18 ribu setiap pangkalan.

Editor: Yudha