Tahun Depan, Basarnas Luncurkan Kapal SAR Ukuran 66 Meter
Oleh : CR1
Selasa | 13-11-2018 | 15:28 WIB
SAR-245-11.jpg
Peluncuran Kapal SAR Sasikirana 245. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tahun depan Basarnas berharap proses pembuatan kapal SAR dengan panjang 66 meter segera rampung tepat waktu. Pembuatannya akan tetap memprioritaskan karya anak bangsa dan pengerjaannya dilakukan di Batam.

"Ini adalah program multi years dua tahun. Harganya (biaya pembuatan) juga cukup besar dan mahal, sudah pasti kapal ini lain. Pembuatannya juga tetap di sini," jelas Kepala Basarnas (Kabasarnas) Muhammad Syaugi di lokasi peluncuran kapal KN SAR Sasikirana, Selasa (13/11/2018).

Secara performa dan fungsionalnya kapal itu sangat berbeda. Jika untuk 2 kapal yang telah launching pada Senin (12/11/2018) dan Selasa (13/11/2018) ini hanya bisa berlayar selama tiga hari. Sedangkan kapal yang akan selesai tahun depan jarak tempuhnya lebih luas dan juga bertugas sebagai supplier bahan bakar bagi kapal-kapal lainnya.

"Fungsional kapalnya 66 meter, tugasnya untuk melakukan operasi di lautan yang lebih luas dan juga sebagai kapal supply yang membawa fuel dan bahan bakar sebanyak 540 ton," ujarnya.

Menurutnya, kapal itu nantinya akan mampu mengisi bahan bakar lebih-kurang 9 unit kapal seperti yang telah launching pada hari ini dan kemarin. Lama operasionalnya di tengah lautan tanpa balik ke daratan sampai dua minggu lebih.

"Kapal itu juga kelak akan mampu membawa air bersih 100 ton, memiliki landasan pendaratan helikopter, juga ROV (Remote Operator Vehicle)," ujarnya.

Ia mengatakan kapal tersebut harus segera rampung tahun depan. Sehingga rencana strategis lima tahun berikutnya bisa dicanangkan lagi.

Editor: Yudha