Maksimalkan Pelayanan, Disdukcapil Batam Rekam E-KTP di 2 Lokasi Kabakaran
Oleh : CR1
Selasa | 23-10-2018 | 13:52 WIB
kadisdukcapil-batam1.jpg
Kadisdukcapil Kota Batam, Said Khaidar. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Warga Batam yang belum mencetak E-KTP, dapat langsung mendatangi mobil layanan keliling Disdukcapil di lokasi kebakaran Ruli Tiban 1 dan Bengkong Al-Jabar pada Rabu (24/10/2018) besok.

Kadisdukcapil Kota Batam, Said Khaidar mengatakan pihaknya akan mendatangi dua titik lokasi kebakaran untuk mempermudah pelayanan dan pengurusan data kependudukan bagi masyarakat yang mengalami musibah.

"Nanti kita jumpa hari Rabu di lokasi kebakaran Al-Jabar dan Tiban. Di situ akan ada layanan mobil keliling Disdukcapil, masyarakat nantinya dapat langsung mencetak E-Ktp yang sudah terekam datanya," kata Said, Selasa (23/10/2018).

Said juga menjelaskan kedatangan layanan mobil keliling Disdukcapil untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat karena kemungkinan tidak sempat untuk datang ke kantor Disdukcapil.

"Kita ingin melayani masyarakat dengan sangat optimal. Karena kemarin ada kejadian kebakaran, dan mungkin beberapa warga ada E-Ktp nya hilang atau terbakar. Nantinya masyarakat di sana dapat melakukan proses percetakan E-Ktp di mobil perekaman yang akan kita kondisikan ke sana, kita jumpa di hari Rabu nanti," ujarnya.

Begitu juga bagi masyarakat pendatang (pindahan) yang belum memiliki E-Ktp, nantinya akan tetap kita layani pada hari Rabu. Tapi proses pelayanannya akan lebih mendalam.

"Kalau warga pindahan dari luar, akan tetap kita layani. Tapi kita akan cek dulu data kependudukan sebelumnya, dia berasal dari mana, sudah melakukan proses perekaman atau belum," paparnya.

Selain melakukan pelayanan E-Ktp bagi warga yang terkena musibah kebakaran, Kadisdukcapil juga menelaskan bahwa mereka akan melakukan proses pelayanan lainnya di hari Rabu (22/10/2018) nanti.

"Selain Ktp, kita juga akan melayani pembuatan akta kelahiran, kartu keluarga. Namun yang dapat langsung di cetak baru E-Ktp saja, untuk KK dan Akta Kelahiran kita akan lakukan pendataan ulang yang akan bekerja sama sekalian dengan Camat dan Lurah di lokasi kebakaran," pungkasnya.

Editor: Yudha