Terima Kunjungan Komisi IX DPR RI

Isidanto Sebut Jaminan Sosial Harus Bisa Sejahterakan Pekerja
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 16-10-2018 | 19:52 WIB
isdianto-terima-komisi-ix.jpg
Wakil Gubernur Kepri, Isdianto saat menerima kunjungan kerja Komisi IX DPR RI di Graha Kepri, Batam Center, Selasa (16/10/2018). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Provinsi Kepri menyampaikan persoalan kesejahteraan serta jaminan sosial tenaga kerja merupakan hal utama yang terus diperhatikan.

"Kepesertaan mereka (tenaga kerja) dalam BPJS, harus memberi manfaat lebih," kata Isdianto saat menerima kunjungan kerja Komisi IX DPR RI di Kantor Graha Kepri, Batam Center, Selasa (16/10/2018).

Menurut Isdianto, sesuai aturan, setiap pekerja baik sektor formal dan non formal harus memasukan karyawanya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Baik itu pekerja penerima upah (PPU) maupun pekerja bukan penerima upah (BPU).

Isdianto juga menjelaskan, untuk pekerja yang ada di Kepri secara umum, yang sudah menjadi peserta BPJS, hedaknya harus benar-benar merasakan manfaat kepesertaanya dan bukan malah sebaliknya.

Untuk mewujudkan hal tersebut tambah Isidanto, Pemerintah Provinsi Kepri telah mengeluarkan Pergub nomor 51 tahun 2016 tentang Perlindungan Tenaga Kerja Melalui BPJS di Provinsi Kepri.

Dari Pergub tersebut, diharapkan bisa menjadi aturan tertulis dan payung hukum yang dapat dipedomani para pengusaha sebagai pemberi kerja kepada karyawan selaku penerima upah, khususnya menyangkut hak pekerja atas BPJS Ketenagakerjaan.

Ketua Tim Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay mengatakana, Komisi IX DPR RI turun dan melakukan peninjuan ke Batam, Provinsi Kepri, bertujuan untuk melihat langsung persoalan yang menyangkut kepesertaan para pekerja di Batam dalam hal perlindungan BPJS tersebut.

"Baik menyangkut jaminan sosial yang diterima hingga hak dari mereka selaku peserta," ujar Ketua Tim Komisi IX DPR RI, itu.

Pun dengan para pengusaha, tambah Saleh P Daulai, apakah telah mengikutkan atau mamasukan pekerjanya pada jaminan sosaial BPJS serta bagaimana dengan kepesertaan mandiri yang mereka bayarkan sendiri.

"Ini yang ingin digali lebih banyak dari kunjungan kita. Batam Kepulauan Riau adalah daerah yang pas, selain sebagai daerah industri juga letaknya yang berbatasan langsung dengan negara luar," jelasnya.

Hadir juga Ketua DPRD Provinsi Kepri, Jumaga Nadeak, Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbar Riau, Kadin Kepri, perwakilan Dinas Tenaga Kerja kabupaten/kota se-Kepri serta undangan lainnya.

Editor: Gokli