Kementerian PUPR Fasilitasi Peningkatan Kapasitas Bagi Warga Binaan
Oleh : CR-1
Selasa | 09-10-2018 | 12:04 WIB
warga-binaan.JPG
Dirjen Bina Konstruksi, Syarif Burhanudin bekerjasama dengan Dirjen Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami, melanjutkan program Peningkatan Kapasitas bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Bidang jasa konstruksi Tahap II. (Foto: CR-1)

BATAMTODAY.COM, Batam - Setelah sukses melatih 131 warga binaan tahap I di Lapas Nusa Kambangan dan Cipinang pada akhir Juli 2018 lalu, serta pelaksanaan fasilitas uji bagi warga binaan pemasyarakatan di 10 lapas sebanyak 910 peserta.

Hari ini, Selasa (9/10/2018), di Batam, Dirjen Bina Konstruksi, Syarif Burhanudin bekerjasama dengan Dirjen Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami, melanjutkan program Peningkatan Kapasitas bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Bidang jasa konstruksi Tahap II.

"Pelatihan ini dilaksanakan secara serentak di 12 lapas seluruh Indonesia. Yakni Lapas Batam, Pekanbaru, Bandar Lampung, Jambi, Tangerang, Semarang, Malang, Denpasar, Pontianak, Manado, Ternate dan Fak-Fak," ujar Syarif dalam pidato pembukaanya.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut satu lingkup kerjasama tentang peningkatan kapasitas bagi petugas dan WBP di 8 bidang jasa konstruksi, berdasarkan Memorandum of Understanding (MOU) atau Perjanjian kerjasama yang telah di tandatangani, pada tanggal 27 Juli 2018, di Nusakambangan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimudjono dan Menteri Hukum dan hak Asasi manusia (KUMHAM RI) Yasonna Laoly.

“Melalui program ini, tidak hanya untuk memenuhi kewajiban dari amanat UU Jasa Konstruksi tentang kewajiban tenaga kerja konstruksi bersertifikat, tetapi juga dapat meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup para warga binaan padasaat mereka kembali kepada lingkungan sosialnya,“ jelas Syarif.

Syarif melanjutkan, dia berharap kegiatan ini kedepannya mampu membuat warga binaan dan petugas memiliki kemampuan di bidang jasa konstruksi bangunan. Dan di setiap lapas, warga binaan disediakan workshop untuk meningkatkan kemampuan mereka, serta warga binaan juga akan dilibatkan dalam pembangunan fasilitas umum dan fasilitas sosial yang ada dilingkungan lapas.

Editor: Dardani