KPU Batam Ajak Semua Pihak Tingkatkan Kualitas Data Pemilih
Oleh : CR-1
Rabu | 03-10-2018 | 09:16 WIB
rapat-deklarasi.jpg
KPU Kota Batam saat mengelar rapat bersama stakeholder dalam rangka pemutakhiran data pemilih. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - KPU Kota Batam mengajak semua pihak terkait untuk aktif dalam meningkatkan kualitas data pemilih atau pemutakhiran data pemilih (Mutarlih).

Hal itu merupakan hasil rapat KPU Kota Batam beserta segenap jajaran pihak terkait maupun stakeholder, yang sepakat untuk mendeklarasikan Forum Mutarlih (Pemutakhiran Daftar Pemilih), di ruang Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Batam, Selasa (2/10/2018) siang.

Zaki Setiawan, Komisioner Divtek KPU Kota Batam, menjelaskan, forum tersebut juga diikuti oleh seluruh instansi terkait yang memiliki peranan penting dalam kesuksesan pesta demokrasi ini.

"KPU juga mengundang Parpol peserta Pemilu, Bawaslu dan stakeholder terkait, seperti Kodim 0316, Disdukcapil, Dinas Pendidikan, Lapas, dan lainnya," ujar Zaki.

Pun dia melanjutkan, inti dari deklarasi ini adalah berupa kesiapan semua pihak untuk ikut aktif dalam meningkatkan kualitas data pemilih di Batam.

"Hal ini dalam rangka melindungi hak konstitusional warga untuk bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 mendatang," ringkasnya.

Selain rapat deklarasi, di ruangan RPP KPU Kota Batam ini juga dilakukan koordinasi pencermatan data ganda terhadap DPT di Kota Batam disaat waktu yang bersamaan setelah kesepakatan deklarasi Mutarlih ini selesai.

Senada dengan apa yang diucapkan oleh Kepala KPU Batam, Syahrul Huda, Zaki membenarkan bahwa pencermatan data ganda ini juga merupakan bagian dari upaya KPU untuk melakukan penyempurnaan DPTHP-1.

"Proses pencermatan akan dilakukan secara berjenjang, baik oleh panitia pemungutan suara (PPS), panitia pemilihan kecamatan (PPK), dan di tingkat KPU Batam. Dalam pencermatan di tingkat PPK tersebut juga akan melibatkan Parpol dan Panwascam untuk bersama-sama membersihkan data-data ganda," tutup Zaki.

Editor: Gokli