Warkop Gratinda Tiban, Sajikan Makanan Khas Pontianak
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 19-09-2018 | 12:52 WIB
warkop-gratinda-tiban1.jpg
Warkop Gratinda Tiban. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kangen dengan kuliner khas Pontianak? Gak usah bingung langsung saja datang ke Warkop Gratinda Jl Ir. Sutami Ruko Gratinda Blok F No. 03 Tiban IV juga menyediakan makanan khas Pontianak.

Makanan khas Pontianak itu adalah bubur pedas. Mungkin sebagai warga Pontianak pasti sudah tidak asing mendengan bubur pedas, karena kuliner ini sangat digemari. Tapi untuk warga Batam, anda harus mencoba. Karena dengan Rp15 ribu untuk satu porsi, anda sudah bisa menikmati makanan khas Pontianak.

"Kalau bubur pedas Pontianak ada sayuran dari daun kesumnya. Daun kesum itu hanya ada di Pontianak, jadi daun itulah yang membuat bubur pedas ini berbeda dari bubur lainnya," ujar Nevi, pemiliki warkop Borneo Selasa (18/09/2018) pukul 18.00 WIB.

Bubur pedas Pontianak terdiri dari beberapa sayuran. Seperti tauge, kacang panjang, kangkung, pakis, dan jagung. Selain itu juga dilengkapi dengan ubi kayu, ubi jalar, tetelan sapi dan babat, bilis, hingga kacang goreng.

Bubur pedas Pontianak ini sangat cocok untuk anda cicipi. Karena aroma buburnya lain dari bubur sejenisnya. Pasalnya bubur pedas ini juga dilengkapi dengan daun kesum. Daun kesum memiliki aroma yang wangi dan khas.

"Rasa pedasnya dari merica hitam, tidak cabai. Jadi tenggorokan merasa hangat. Jadi pedasnya lebih terasa, untuk penambah rasanya ditambah dengan perasan jeruk sambal," katanya.

Selain itu bubur pedas khas Pontianak tidak hanya terasa pedas saja, tapi juga memiliki rasa gurih, dan crunchy dari kacang goreng serta bilis gorengnya. Saat ditambah dengan perasan jeruk sambal maka kesegeran dalam hidangan bubur pedas akan semakin terasa.

Penasarankan, gimana rasanya. Ayo buruan kapan lagi dengan Rp15 ribu anda bisa menikmati makanan khas Pontianak.

Editor: Yudha