Bangkitkan Semangat Bahari

Warga Batam Antusias Saksikan Kirab Kota Taruna ALL Angkatan 65
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 09-08-2018 | 19:40 WIB
kirab-kota-AAL.jpg
Kirab Kota yang dilakukan Taruna AAL, tingkat III, angkatan 65 di Kota Batam. (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kegiatan Kirab Kota yang dilaksanakan di pusat Kota Batam oleh Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat III Angkatan 65 yang datang bersama KRI Bima Suci dipadati masyarakat yang sengaja datang untuk menyaksikannya.

Kegiatan Kirab Kota diawali dari Foodcourt A2 Pinuin Lubukbaja dilepas Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, dilanjutkan dengan penampilan Genderang Suling Gita Jala Taruna Akademi Angkatan Laut Angkatan 65.

Sedangkan Kirab Kota melalui rute perjalanan pusat Kota Batam dan berakhir di depan Graha Sulaiman Nagoya Batam dengan menempuh jarak sepanjang 3 Km.

Selama perjalanan, Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL menampilkan aksi musik drum band yang membuat ribuan warga Kota Batam terhibur, dengan menyaksikan langsung dari sisi-sisi jalanan yang dilalui oleh peserta Kirab Kota Taruna AAL.

Acara Kirab Kota berakhir di depan Graha Sulaiman Nagoya Batam dan diterima oleh Danlanal Batam didampingi unsur FKPD Kota Batam.

Kirab Kota ini merupakan ajang sosialisasi dan promosi Akademi Angkatan Laut (AAL) untuk mencoba lebih dekat mengenalkan TNI AL khususnya Akademi Angkatan Laut bagi para pelajar dan masyarakat Kota Batam.

Komandan Lanal Batam, Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan menyampaikan, dengan adanya acara kirab Kota Taruna AAL, masyarakat Kota Batam bisa merasa terhibur dan terkesan.

Selain itu, dengan penampilan tersebut diharapkan bisa menjadi salah satu sarana promosi TNI Angkatan Laut untuk mengajak pemuda dan pemudi Kota Batam yang berminat untuk bergabung menjadi prajurit TNI Angkatan Laut.

"Kegiatan ini tidak akan berubahn dan akan berkunjung ke kota tertentu yang kali ini adalah Batam menjadi daerah kedatangannya. Kedatangan ke Batam ini karena ada pertimbangan khusus," tambahnya.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan ini, tentunya bertujuan untuk mebangkitkan semangat kebaharian karena Kepri merupakan daerah kepulauan. "Gerbang Bahari itu ada di Batam ini. Dengan kegiatan ini, semoga bisa membangkitkan jiwa dan semangat untuk bergabung menjadi tarun angkatan laut," harapnya.

Ditambahkan, dari Batam, saat ini ada enam orang putra yang menjadi taruna Angkatan Laut. "Ini menjadi suatu kebanggan tersendiri, karena ada enam taruna yang berasal dari Batam," pungkasnya.

Editor: Gokli