Kemenkes Peringatkan Suhu Arab Saudi Beresiko bagi Kesehatan Jamaah Haji Indonesia
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 18-07-2018 | 13:40 WIB
jch-batam1.jpg
Calon Jamaah Haji Embarkasih Batam. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Irjen Kemenkes, Oskar Primadi mengingatkan estimasi suhu udara di Arab Saudi selama pelaksanaan ibadah haji nanti mencapai 40-50 derajat celcius.

Hal ini berisiko sangat berat bagi kesehatan para jemaah. Apalagi jemaah haji asal Indonesia rata-rata sudah memasuki usia senja. Karena itu, ia berpesan agar menjaga kesehatan selama menjalankan rangkaian ibadah haji.

"Upayakan tidur cukup, obat-obatan jangan lupa, antre yang tertib. Jaga perilaku hidup bersih dan sehat, minum air putih, rajin semprot air, cuci tangan, dan pakai masker, topi, kacamata. Sendal dibawa ke dalam masjid. Kalau sakit jangan paksa umroh. Perkuat persaudaraan dan saling menjaga sesama jemaah," pesannya saat melepas calon jamaah haji kloter pertama embarkasih Batam pada Rabu (18/7/2018).

Ketua Komisi VIII DPR RI, Ali Taher Parasong mengajak jemaah yang akan berangkat untuk mengucap syukur. Karena saat ini daftar tunggu haji di Indonesia sudah mencapai 3 juta orang.

"Di Pinrang bahkan daftar tunggunya sudah sampai 41 tahun. Kita harus bersyukur. Tingkatkan keimanan, keikhlasan, dan tawakal. Atas rekomendasi DPR, pemerintah menaikkan ongkos haji 2018 hanya Rp250 ribu. Dengan fasilitas yang semakin baik, makan bertambah 25 jadi 40, living cost 1500 Real," ujur Ali.

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun mengingatkan para jemaah untuk memanfaatkan waktu beribadah di tanah suci sebaik mungkin. Laksanakan ibadah haji dengan niat ikhlas hanya kepada Allah SWT.

"Bangun kebersamaan, yang muda membantu dan menjaga yang tua. Doakanlah kampung halaman kita menjadi baldatun thayyibatun wa robbun ghafur, damai dan tentram," pungkasnya.

Editor: Yudha