Batam Butuh 2 Ribu Ekor Hewan Kurban untuk Idul Adha 1439 H
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 07-07-2018 | 11:04 WIB
hewan-kurban.jpg
Ilustrasi - Hewan kurban di Batam. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kota Batam setidaknya butuh sekitar 1.500 - 2.000 ekor hewan kurban untuk pelaksanaan kurban Idul Adha 1439 H, Agustus mendatang, Sabtu (07/07/2018).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Batam, Mardanis mengatakan, pada umumnya sapi kurban biasanya didatangkan dari Bali. "Sebulan sebelum lebaran haji biasanya hewan kurban sudah masuk," ujar Mardanis beberapa waktu lalu.

Saat hewan kurban tiba di Batam nanti akan dilakukan beberapa tahap pengecekan kesehatan. Adapun pengecekan yang dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan meliputi mata, hidung atau moncong, dan mulut.

"Semua sapi, kambing, kita periksa. Kita kasih label yang sudah dicek. Kalau tidak ada lebel jangan dibeli," ujarnya.

Selain itu untuk persiapan lebarah Idul Adha, Dinas Ketahanan Pangan juga akan menjaga ketersediaan bahan pangan lain seperti beras, minyak, cabai, dan sebagainya.

Saat ini pihaknya sedang mendata pasokan dan ketersediaan. Apabila ada kekurangan, akan segera dilaporkan ke Wali Kota untuk pengambilan kebijakan. "Nanti jelang lebaran saya akan buat mobil toko tani. Yang menjalankan koperasi, kita dukung kendaraannya. Mobil ngetem (diam) di kecamatan, tetapi bergiliran dari satu kecamatan ke kecamatan lain," pungkasnya.

Editor: Gokli