Ramadhan Penuh Berkah, ATB Bagi Sembako untuk Masyarakat Kurang Mampu
Oleh : Redaksi
Kamis | 07-06-2018 | 18:28 WIB
atb-berbagi.jpg
Paul Bennett, Director Engineering ATB, bersama jajaran manajemen ATB menyerahkan bantuan paket sembako dalam program CSR ATB Peduli Sosial 2018. Dalam rangka menyambut Idul Fitri 1439 H kepada perwakilan warga di Kavling Abadi Jaya, Sagulung, Kamis (7/6/2018). (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Di bulan Ramadhan ini, PT Adhya Tirta Batam kembali berbagi kepada masyarakat yang kurang mampu, melalui salah satu program CSR bertajuk 'ATB Peduli Sosial'.

Direksi dan manajemen ATB menyerahkan paket bantuan sembako kepada pelanggan ATB yang kurang mampu.

Paket sembako ini diberikan di empat wilayah berbeda, yakni RT04/RW03 Kavling Sagulung Abadi Jaya, RW08 Kavling Sagulung Bahagia, Kecamatan Sagulung. Kemudian RW04 Kampung Belimbing dan RW07 Bengkong Palapa Atas, Kecamatan Bengkong.

"Kami mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada pihak ATB yang telah memberikan bantuan sembako bagi warga kami. Harapan kami, ATB dapat semakin peduli terhadap warga di Sagulung dengan kegiatan sosial lainnya," jelas Umarjuki, Ketua RT04/RW 03, Kavling Abadi Jaya, Kecamatan Sagulung, Kamis (7/6/2018).

Tidak hanya sebatas pemberian sembako kepada warga. Direksi dan manajemen ATB juga bersilaturahmi serta berinteraksi dengan warga yang dikunjungi.

"Dalam kunjungan ini, kami dapat mendengar langsung respon dan saran warga tentang kondisi suplai air yang telah dirasakan oleh pelanggan. Langkah kami tentunya berusaha terus melakukan perbaikan untuk kualitas suplai air di sini, agar bisa lebih baik lagi," kata Paul Bennett, Director Engineering ATB didampingi Sulistyo, Manager Planning ATB.

Paul mengatakan, memang masih ada sebagian kecil pelanggan yang belum menerima suplai dengan maksimal. Namun, ATB terus berupaya memberikan pelayanan perbaikan ke pelanggan.

"Pada tahun 2016 sebanyak 2000 KK pelanggan yang tidak mendapatkan suplai dengan baik. Pada tahun 2018 jumlahnya sudah jauh berkurang, hanya sekitar 400 KK," jelas Paul.

ATB tentunya sudah mengidentifikasi masalah suplai yang terjadi di wilayah-wilayah yang berdampak suplai yang belum maksimal. Secara bertahap, ATB sudah melakukan penguatan jaringan pipa, baik pipa utama sampai pipa ke jaringan pelanggan.

"Perbaikan jaringan suplai ini tentunya ada tahap tahapannya yang harus dilalui, tidak bisa langsung instan, termasuk wilayah Kavling Abadi Jaya ini, sudah masuk komitmen ATB untuk diperbaiki dengan lebih baik," jelas Sulistyo menambahkan.

Hal senada juga disampaikan oleh Asriel Hay, Finance Director ATB, saat memberi sambutan di kavling Bengkong Palapa Atas, RW 07.

"Kami menyadari tidak ada hal yang sempurna. Maka, pada kesempatan ini kami memohon maaf atas suplai air bersih ATB yang tidak dapat mengalir 24 jam. Namun, kami senantiasa berupaya untuk memperbaiki suplai semaksimal mungkin. Seperti pemasangan gate valve, guna meningkatkan suplai air di daerah yang memiliki elevasi tinggi, salah satunya Kavling Bengkong Palapa Atas ini," kata Asriel, Finance Director ATB.

Aliran air yang didistribusikan ATB ke rumah pelanggan memakai sistem gravitasi. Di mana air selalu mengalir ke daerah yang lebih rendah dahulu. Wilayah Bengkong Palapa Atas ini, termasuk daerah pemukiman penduduk yang berada di titik elevasi tinggi. Sehingga, suplai air terkadang kurang maksimal.

"Meskipun begitu, ATB telah mampu menyuplai air sampai 99,5% wilayah Batam. Di mana 0,5%-nya adalah daerah-daerah yang memiliki elevasi tinggi. Elevasi tinggi adalah kondisi geografis yang memang tidak bisa dihindari," tambah Asriel.

ATB menyiapkan paket sembako agar dapat meringankan beban saudara-saudara yang kurang mampu dan yang sudah lanjut usia. Paket sembako berisikan beras, minyak goreng, gula, mie instan, susu kental manis, kopi dan teh.

Terhitung sejak tahun 2011, ATB sudah memberikan paket sembako sebanyak 3.570 paket. Setiap tahunnya, masyarakat selalu menyambut dengan antusias adanya kegiatan ini.

Selain terbantu dengan pembagian sembako, warga juga senang bisa berjumpa langsung dengan jajaran direksi beserta manajemen ATB.

Editor: Gokli