Tiket Pelni Diburu Pemudik, Loket Pelni Batam Antri Panjang
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 05-06-2018 | 12:52 WIB
pelni-batam.jpg
Masyarakat mengantre di loket Pelni Batam. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tiket Pelayaran Indonesia (Peln) tujuan Batam-Jakarta dan Belawan Medan mulai diburu para pemudik menjelang mudik lebaran Idul Fitri Selasa (05/06/2018).

Seperti yang terjadi diloket Pelni Cabang Batam di Sekupang. Para calon pemudik mulai datang dan antri sejak pukul 08.00 WIB. Namun tiket kapal yang tersedia di loket mulai terbatas.

Kepala Oprasional Pelni cabang Batam Dicky Dermawandi mengatakan, terbatasnya tiket yang di jual diloket. Saat ini tiket yang tersedia hanya tersisa 20 persen dari jumlah kafasitas kapal.

"Tiket 80 persen sudah terjual, hanya tersisa 20 persen untuk tiket non seat. Karena sekarang tiket sudah bisa dibeli secata online," ujar Dicky saat ditemui di kantornya.

Meskipun demikian masyatakat masih bisa membeli tiket non seat baik tujuan Belawan dan Jakarta. Sementara untuk tiket kelas sudah tidak tersedia atau habis. Dicky mengakui bahwa tiket Pelni sudah diburu calon penumpang sejak awal.

Pasalnya, KM Kelud menjadi trasportasi alternatif para calon pemudik. Mengingat tiket pesawat mulai sulit didapat serta harganya yang melambung tinggi.

"Karena banyak pemudik pulang kampung menggunakan pesawat. Tapi dengan harga mahal dan habis larinya ke kapal," tegasnya.

Mantan kepala Oprasional Tanjungpriuk mengungkapkan, bahwa pengaturan alokasi tiket dan jumlah kafasitas sudah diatur Pelni pusat dan Dirjen Perhubungan Laut.

"Memang hari besar seperti ini wajar, yang mudik banyak. Berangkatanya barengan dan kafasitasnya terbatas. Dan kita tetap mengutamakan keselamatan penumpang," ujarnya.

Editor: Dardani