Minta Penjelasan Kepala BP Batam, Ribuan Warga Baloi Kolam Demo
Oleh : Nando Sirait
Selasa | 15-05-2018 | 11:16 WIB
baloi-kolam-demo.jpg
Warga Baloi Kolam demo di Kantor BP Batam. (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ribuan warga Baloi Kolam demo ke Kantor Badan Pengusahaan (BP) Batam di Batam Center, Selasa (15/5/2018).

Ini terkait adanya pernyataan Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo mengenai penertiban perumahan liar (ruli) yang berada di kawasan Baloi Kolam.

"Apa maksud statement melalui media massa kemarin, darimana ceritanya kalian (BP Batam) bisa bilang bahwa kami sudah sepakat untuk pindah dari sana," ujar salah satu pendemo.

Warga mempertanyakan hal tersebut, dikarenakan adanya pernyataan Kepala BP Batam melalui media massa mengenai penanggunalangan warga yang saat ini bermukim di kawasan Baloi Kolam. Di mana, Kepala BP Batam menyatakan di media massa untuk saat ini, pihaknya telah memiliki jalan keluar dalam mengatasi permasalahan warga yang bermukim di Baloi Kolam. Pihaknya akan memberikan uang ganti rugi, serta kavling untuk perumahan warga.

"Kami tunggu Lukita keluar. Kami tunggu lima menit di sini, sebelum kami yang memutuskan untuk masuk ke dalam," teriak pendemo.

Pantauan di lokasi, warga yang geram akibat menunggu kedatangan Kepala BP Batam akhirnya merusak pagar berduri milik kepolisian. Kondisi ini sendiri membuat personil kepolisian yang berjaga, mulai memperketat pengamanan.

"Saudara-saudara sekalian, kami tidak mau bersiteru dengan kalian. Sesuai dengan pemberitahuan yang masuk ke kami, aksi hari ini harusnya aksi damai. Jangan paksa kami untuk bersiteru dengan saudara-saudara sekalian," ujar Kapolsek Batam Kota, Kompol Firdaus guna menenangkan massa yang mulai ingin merangsek masuk ke dalam Gedung BP Batam.

Massa sendiri akhirnya berangsur-angsur dapat ditenangkan oleh masing-masing koordinator, setelah adanya kesepakatan perwakilan dari warga, yang akan menemui Kepala BP Batam.

Pertemuan sendiri saat ini masih berlangsung dan dilakukan di Gedung Marketing BP Batam.

Editor: Gokli