Pesawat Lion Air Terbaru Terbangkan 158 Jamaah Umrah dari Hang Nadim Batam
Oleh : Hadli
Senin | 07-05-2018 | 10:04 WIB
jamaah-umrah-lion-air.jpg
Direktur BUBU Hang Nadim Batam, Suwarso (tengah pakai kaca mata) bersama jamaah umarah yang akan diterbangkan maskapai Lion Air. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Maskapai Lion Air menerbangkan 158 jamaah umrah dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Mereka, langsung diterbangkan ke Madinah menggunakan pesawat terbaru Boeing B.737-MAX.8/PK-LQM (jt-104).

"Syukur alhamdulillah Hang Nadim kembali menjadi tempat pemberangkatan umrah oleh Lion Air yang bekerjasama dengan PT Arminareka Perdana," kata Direktur BUBU Hang Nadim Batam, Suwarso kepada BATAMTODAY.COM, Sabtu (5/5/2018).

Ia mengatakan, pesawat terbaru Boeing B.737-MAX.8/PK-LQM (jt-104) yang ditumpangi 158 calon jamaah tersebut diawaki Capten Wiko Danianto bersama 10 creuw pendaping menuju Madinah pada pukul 10.20 WIB.

Sebagai catatan, pada 2016 Hang Nadim sebagai transit pengsian bahan bakar perbangan umrah yang dilayani Lion Air dengan Airbus A330 dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan Makassar, Sulawesi Selatan, sebelum melanjutkan penerbangan ke Arab Saudi dan sebaliknya.

Dengan fasilitas yang sangat mumpuni untuk sebuh penerbangan internasional termasuk dengan pesawat berbadan lebar. Bandara Hang Nadim Batam pada 2017 lalu dipercaya sebagai tempat penerbangan jamaah umarah ke Madina. Di mana, landasan pacu Bandara Hang Nadim Batam merupakan yang terpanjang di Indonesia dengan 4,025 Kilometer.

"Untuk tahun 2018 ini PT Arminareka sudah menerbangkan 2 kali jamaah umrah, terakhir pada tanggal 3 Januari 2018, sedangkan tahun 2017 sebanyak dua kali penerbangan," ujar Suwarso.

Selain itu, setiap tahunya Bandara Internasional Hang Nadim Batam juga digunakan untuk penerbangan haji empat provinsi yaitu sebagian Jambi, Riau, Kalimantan Barat, serta seluruh wilayah Provinsi Kepri.

Bandara Hang Nadim merupakan fasilitas milik Badan Pengusahaan Batam yang kini berstatus Badan Usaha Bandar Udara (BUBU).

Editor: Gokli