Mengenal Alutsista TNI AL, Mahasiswa HMSI Ikuti Pelayaran di Perairan Batam
Oleh : Romi Chandra
Senin | 30-04-2018 | 11:40 WIB
apel-kelengkapan.jpg
45 mahasiswa yang tergabung dalam HMSI mengikuti apel kelengkapan di Dermaga Batuampar, sebelum berlayar di Perairan Batam sekaligus mengenali Alusista TNI AL (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Seluruh Indonesia (HMSI), yang berasal dari 26 provinsi se-Indonesia, mengikuti pelayaran atau Joy Sailling di Perairan Batam dengan menggunakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Sultan Thaha Syaifuddin-376, Minggu (29/4/2018).

Kegiatan Joy Sailing dilaksanakan dalam rangka 'Konsolidasi HMSI mengenai kemaritiman dan daerah perbatasan di wilayah perairan Batam Kepri', yang diikuti oleh 45 mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia.

Mengutip siaran pers, Danlanal Batam, Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan mengatakan, sebelum pelayaran para mahasiswa mengikuti apel kelengkapan di Dermaga Batuampar.

Kemudian dilanjutkan dengan pengarahan Komandan KRI STS-376 Letkol Laut (P) Boy Yopi Hamel, M.Tr.Hanla serta pembekalan dari Paspotmar Lanal Batam Mayor Laut (PM) Syarifuddin. Pada pukul 09.30 WIB, KRI STS-376 bertolak dari dermaga utara Pelabuhan Batuampar menuju perairan Batam.

Selama mengikuti pelayaran, para mahasiswa dipandu oleh pembimbing dari KRI. Selain itu, juga mendapatkan pembekalan dan pengetahuan antara lain, pengenalan tentang KRI yang disampaikan oleh Komandan KRI Sultan Thaha Syaifuddin, dilanjutkan dengan pemberian Wawasan Kebangsaan dan Kemaritiman oleh Paspotmar Lanal Batam, serta tentang wawasan kebaharian oleh Palaksa KRI STS-376.

"Joy Sailing merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan kepada para mahasiswa tentang Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut. Selain itu, juga untuk menanamkan cinta bahari bagi para mahasiswa. Ini juga merupakan salah satu bentuk komunikasi sosial dalam pembinaan ketahanan wilayah," ungkap Iwan, Senin (30/4/2018).

Pada kesempatan tersebut sebagai rasa terima kasih perwakilan mahasiswa memberikan cindera mata kepada Komandan KRI STS-376 dan kepada Paspotmar Lanal Batam. Apel kelengkapan mengakhiri rangkaian kegiatan Joy Sailing para mahasiswa yang tergabung dalam HMSI.

Editor: Gokli