PT Palindo Marine Kembali Sukses Buat Dua Kapal Perang Milik TNI AL
Oleh : Yosri Nofriadi
Jumat | 20-04-2018 | 10:17 WIB
kapal-perang-diresmikan.jpg
PT Palindo Marine Batam kembali merampungkan dua unit kapal perang pesanan TNI AL. Dua kapal itu adalah Kapal Angkatan Laut (Kal) Pulau Kenjagangan dan Kal Pulau Pasoso (Foto: Yosri Nofriadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Palindo Marine Batam kembali merampungkan dua unit kapal perang pesanan TNI AL. Dua kapal itu adalah Kapal Angkatan Laut (Kal) Pulau Kenjagangan dan Kal Pulau Pasoso.

Kedua kapal dengan panjang masing-masing 28 meter itu diresmikan oleh Asisten Logistik (Aslog) Kepala Staff TNI AL (Kasal), Laksamana Muda TNI Mulyadi, di galangan kapal PT Palindo Marine di Seilekop, Sagulung, Kamis (19/4/2018).

Pada kesempatan yang sama, Mulyadi juga langsung melantik Kapten Laut (P) Fuad Hilmi dan Kapten Laut (P) Mega Yudha Probowo sebagai Komandan Kapal Pulau Menjagan dan Pulau Pasoso.



Dengan adanya pelantikan dan pengukuhan komandan itu, kedua kapal karya anak bangsa ini sudah siap berlayar untuk menjalankan tugas dan fungsinya sebagai armada pengaman wilayah perairan Indonesia.

Dalam arahannya, Mulyadi menjelaskan, Kal Pulau Menjangan akan ditempatkan di wilayah kerja Lanal Semarang. Sementara Kal Pulau Pasoso ditempatkan di wilayah kerja Lanal Palu.

"Dengan adanya pelantikan dan peresmian ini, kami segenap jajaran TNI AL akan semakin mantap dan profesional menjaga keamanan wilayah perairan kita," ujar Mulyadi.

Kedua kapal tersebut kata Mulyadi, merupakan jenis kapal perang 28 meter dengan panjang keseluruhan mencapai 33,26 meter, lebar 6,2 meter dengan kecepatan kondisi muatan penuh 28 knot. Masing-masing kapal diawaki 15 personil.

Kepada jajaran TNI AL yang dipercaya untuk mengoperasikan kapal tersebut, Mulyadi juga berharap agar memanfaatkan kapal tersebut dengan baik untuk mencegah ataupun mengatasi berbagai kemungkinan gangguan keamanan di wilayah kerja masing-masing.

"Harus benar-benar dirawat kapal-kapal ini. Bagaimanapun ini aset negara yang dipercayakan masyarakat kepada kita. Gunakan semaksimal mungkin untuk menjaga wilayah perairan kita," pesannya.

Kepada pihak PT Palindo Marine, Mulyadi juga menyampaikan apresiasi karena sudah sukses merampungkan dua unit kapal pesanan TNI AL itu.

"Ini sudah yang kesekian kali, PT Palindo Marine sudah cukup baik menjalankan tugas yang kami percayakan (bangun kapal pertahanan). Kami berharap ke depannya semakin baik lagi dan terus sukses," ujar Mulyadi.

Direktur PT Palindo Marine, Hermanto, mengaku bangga atas peresmian dua unit kapal yang dikerjakan oleh jajarannya itu. Pengadaan dua kapal tersebut merupakan tindak lanjut kontrak kerja sama dengan Dinas Material TNI AL dengan PT Palindo Marine pada tahun sebelumnya.

"Pengerjaan juga tepat waktu dan hasilnya seperti yang bapak dan ibu lihat sendiri, sudah cukup baik. Ini sudah jadi komitmen kami untuk memberikan yang terbaik buat negeri ini karena terus dipercaya untuk membuat kapal pertahanan negara," ujarnya.

Pengerjaan dua kapal tersebut diakui Harmanto sudah sesuai dengan prosedur yang ada, termasuk diawasi biro klasifikasi kapal pertahanan negara yang berkopeten.

"Kapal ini juga sudah dilengkapi dengan sistem persenjataan yang dipasang langsung oleh dinas kelaikan TNI AL," ujar Harmanto.



Kepada pihak TNI AL, Harmanto berharap agar kerja sama serupa terus berlanjut ke depannya.

"Pada prinsipnya kami sangat siap produksi kapal jenis apapun. Ke depannya jangan ragu-ragu lagi. Kami akan persembahkan yang terbaik apalagi buat negara ini," ujar Harmanto.

Editor: Udin