Senyum Kakek Nenek Ini Terpancar Ketika Tim Dokkes Polda Kepri Datang Periksa Anaknya yang Lumpuh
Oleh : Hadli
Rabu | 11-04-2018 | 19:40 WIB
bidokkes-polda-kepri.jpg
Dr Novi bersama tim kesehatan Biddokkes Polda Kepri tengah melakukan pemeriksaan kepada pasien yang merupakan anak dari Kamsidi dan Kulsum (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tinggal di rumah yang sederhana di daerah pelosok yang jauh dari akses jalan raya dan perkotaan, menggunggah hati Tim Biddokkes Polda Kepri untuk mendatangi rumah pasangan kakek nenek di Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam.

Untuk bisa tiba di rumah pasangan Kamsidi dan Kulsum yang memiliki anak laki-laki bernama Nitam (42) yang mengalami kelumpuhan, rombongan Polda Kepri Peduli yang terdiri Dit Binmas bagian kemasyarakatan dan Tim Biddokkes Polda Kepri, mengendarai dua sepeda motor, satu Ambulance Bid Dokkes dan satu mini bus.

Perjalanan ke rumah keluarga kurang mampu itu melewati perkebunan pisang, ubi dan perkebunan cabai, dengan lintasan jalan tanah merah berlubang dan dan berdebu.

Namun, Tim Polda Kepri peduli terpaksa berhenti di tengah jalan. Hal itu dikarenakan lintasan yang harus dilewati tidak bisa ditembus oleh mobil, sehingga rombongan terpaksa melanjutkan dengan berjalan kaki dan menaiki sepeda motor kurang lebih sejauh 1 km.

Senyum bahagia itu terpancar dari Kamsidi dan Kulsum, saat kedatangan rombongan 'Polda Kepri Peduli Sesama' yang terdiri dari Tim Dokkes dan langsung mengecek kesehatan pasien dan keluarga pasien berupa pengecekan tensi, pemberian obat-obatan dan vitamin secara gratis.

"Pasien yang didatangi Tim Dokkes Polda Kepri dari keluarga tidak mampu, seperti di rumah keluarga Pak Kamsidi dan Bu Kulsum. Pasien memiliki kartu berobat BPJS, namun dengan kondisi ekonomi sulit bagi mereka untuk pergi berobat langsung, untuk itu kita hadir," kata Kabid Dokkes Polda Kepri, Kombes Pol Djarot Wibowo, Rabu (11/4/2018).

Bakti kesehatan Biddokkes Polda Kepri, katanya, merupakan agenda rutin awal bulan April kemarin, sesuai arahan dan petunjuk Kapolri dan telah mengunjungi delapan rumah (home visit) pasien di Kepulauan Riau.

"Sama dengan rumah pasien lainnya, setelah memeriksa kesehatan pasien dan keluarga, kita memberikan tali asih dari Bid Dokkes Polda Kepri dan Dit Binmas Polda Kepri kepada pihak keluarga berupa sembako dan keperluan sehari-hari bagi keluarga dan pasien," ungkapnya.

Polda Kepri Peduli Sesama akan terus mengunjungi pasen-pasien yang kurang mampu. Dijadwalkan sampai dengan Juli mendatang akan diadakan tiga rangkaian cek kesehatan massal, berupa peyuluhan kesehatan wanita, operasi katarak, tumor, hernia dan kitanan serta donor darah.

"Bakti sosial akbar akan berkolaborasi dengan Yayasan Bunda Suci dalam rangka HUT Bhayangkara yang akan berpuncak di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Kepri di Batam," terang Akpol yang gemar Offroad tersebut.

Editor: Udin