Antisipasi Penggunaan Narkoba, Prajurit Yonif-10 Marinir/SBY Tes Urine
Oleh : Romi Chandra
Sabtu | 07-04-2018 | 11:08 WIB
asintel-mar.jpg
Asintel Dankonnar Kolonel Mar Widodo dan Danyon Mar-10/SBY Letkol Mar Rino Rianto saat memantau proses tes urin prajurit di Mako Yonif-10 Mar/SBY. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Semua prajurit di Batalyon Infanteri-10 Marinir/SBY, Pulau Setokok, Kota Batam pada Kamis (5/4/2018) melakukan tes urine.

Kegiatan tes urin itu dipimpin Asisten Intelijen Korps Marinir, Kolonel Mar Widodo. Ini dilakukan dalam rangka pengamanan personil dari bayaha narkoba.

Kedatangan Asintel Dankonnar dari Jakarta ke Yonif-10 Mar/SBY didampingi Letkol Laut (PM) Fajar Hasta Kusuma yang menjabat sebagai Kasubdis Lidik Disprov Kormar, disambut langsung oleh Komandan Batalyon lnfanteri-10 Marinir/SBY, Letkol Mar Rino Rianto beserta jajarannya.

Tujuan dari kunjungan Asintel tersebut kata Rino, tidak lain untuk melihat kesiapan prajurit Yonif-10 Mar/SBY yang sesuai dengan bidang lntalijen yaitu pengamanan personal.

"Karena Kota Batam ini merupakan termasuk tempat peredaran narkoba yang cukup besar, Asintel mengajak prajurit Yonif-10 Mar/SBY untuk melaksanakan test urine. Tujuannya mengetahui apakah ada prajurit Yonif yang mengkonsumsi obat haram tersebut," kata Rino, dikutip dari siaran pers yang diterima BATAMTODAY.COM, Sabtu (7/4/2018).

Hal ini tambahnya, dimaksudkan agar para prajurit Yonif-10 Mar/SBY senantiasa menjauhi narkoba yang sesuai dengan arahan Panglima TNI.

"Apabila terdapat prejurit yang positif mengkonsumsi narkoba, hukumannya tak lain yaitu diberhentikan dari kadinasan," tegas Rino.

Sebelum melaksanakan tes urine, sejumlah prajurit yang hadir menerima arahan tarlebih dahulu dari perwira berpangkat tiga melati tensebut di gedung ruang makan Yonif-10 Mar/SBY. Kemudian satu persatu prajurit buang air kecil pada tempat yang disediakan, dengan diawasi oleh anggota Provost dan Staf-1 Yonif-10 Mar/SBY.

Tujuannya, untuk memastikan tidak ada prajurit yang meminta air seni temannya. Untuk pengecekan dilakukan oleh Bintara kesehatan Klinik Pratama Yonif-10 Mar/SBY Sertu APM Afif Ardana.

Dalam arahannya Asintel Kormar menyampaikan, bahwa sebagai seorang prajurit harus memiliki fisik yang prima serta mental baja. Untuk menjaga agar fisik kita tetap terjaga, selain berolahraga juga harus menjaga pola hidup.

Asintel mengajak seluruh prajurit Yonif-10 Mar/SBY agar benar-benar menjauhi narkoba. Selain merugikan diri sendiri, narkoba juga bisa merugikan orang lain terutama keluarga yang dicintai.

Editor: Gokli