Wako, Wawako dan Kepala OPD Gotong Royong Bersihkan Masjid Agung Batam Centre
Oleh : Suci Rahmadani
Jum\'at | 06-04-2018 | 18:24 WIB
wako-periksa-toilet.jpg
Wali Kota didampingi pimpinan OPD meninjau toilet pria untuk mengetahui kondisinya. Wali Kota menungkapkan bahwa pembuangan air di toilet tersebut tidak berfungsi dan akan segera diperbaiki (Foto: Suci Rahmadani)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pimpinan OPD beserta staf di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam melakukan Gotong Royong (Goro) di Masjid Agung Batamcentre, Jum'at (6/4/2018).

Tampak para staf membersihkan bagian dalam dan ruang Masjid. Mereka menyapu halaman, membersihkan sampah yang ada di parit Masjid. Membersihkan tempat berwudhu dan juga menyapu, mengepel dan mengelap kaca yang berdebu.

Tak mau ketinggalan, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, Wakil Wali Kota (Wawako) Batam, Amsakar Achmad bersama dengan Sekretaris Daerah, Jefridin, berkeliling untuk meninjau langsung kondisi bangunan di sekitar Masjid.

Wali Kota didampingi pimpinan OPD meninjau toilet pria untuk mengetahui kondisinya. Wali Kota menungkapkan bahwa pembuangan air di toilet tersebut tidak berfungsi dan akan segera diperbaiki.

Di antaranya yang urgent untuk dikerjakan seperti sound sistem Masjid dan juga pintu Masjid. Diperkirakan sebelum Ramadhan perbaikan selesai.

"Hari ini seluruh staf sudah membersihkan Masjid ini. Apa yang tidak berfungsi akan kita benahi, tahun 2019 akan dibangun dengan desain baru," ujarnya.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, mengatakan bahwa Pemko Batam sengaja melakukan kegiatan Goro di Masjid Agung Batamcentre.

Dengan dibersihkannya Masjid ini maka orang yang beribadah akan nyaman. Melalui Goro ini juga diketahui apa-apa hal urgent yang harus dibenahi oleh Pemko Batam.

Dalam kesempatan itu Wawako juga meninjau safetytank yang kondisinya sudah tidak layak. Begitu juga bagian dalam masjid banyak ditemukan kotoran burung sehingga perlu dicari jalan untuk menutup bagian yang terbuka sehingga burung tidak masuk ke dalam Masjid.

"Ini harus dibersihkan agar masyarakat yang beribadah di Masjid ini nyaman. Karena posting anggaran belum ada maka kita melakukan kerja bakti seperti ini," ungkapnya.

Jika posting anggaran sudah ada dan aset sudah dialihkan ke Pemko, menurutnya Pemko akan menganggarkan tiap tahun. Melalui Goro yang ketiga kali ini diharapkan Masjid yang menjadi ikon Kota Batam ini dapat menjadi bersih, sehingga orang yang datang merasa nyaman melaksanakan ibadah.

Tahun 2018 menurutnya akan dilakukan perbaikan kecil yang bersifat non budgeting. Hal yang dianggap urgent seperti memperbaiki saluran air, tempat wudhu laki-laki dan perempuan dan karpet Masjid. Untuk revitalisasi Masjid ini, Pemko Batam telah mempersiapkan DED dan pembangunan dilakukan tahun 2019.

"Hal yang sifatnya urgensi ini bisa dikerjakan secara bersama-sama. Ayo siapa yang mau beramal untuk memakmurkan Masjid," katanya mengakhiri.

Editor: Udin