5 Titik Dinding Jalan di Kawasan Nagoya akan Dihias Lukisan
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 04-04-2018 | 12:28 WIB
mural-il.jpg
Ilustrasi - Mural (lukisan dinding).(Sumber foto: ilhamardhi.wordpress.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sedikitnya lima titik dinding pembatas jalan di daerah Nagoya, Kota Batam bakal dilukis untuk mempercantik kawasan tersebut.

Pembuatan mural itu dengan memanfaatkan dana tanggungjawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) Bank Mandiri. Dinding di depan Graha Sulaiman mulai dikerjakan sejak 26 Maret lalu dan ditargetkan rampung pada 9 Mei mendatang.

"Ada lima pembuat mural yang ikut serta dalam melukis dinding di kawasan Nagoya ini. Rencananya titik yang akan dihias yaitu di depan Graha Sulaiman, seberang Hotel Evitel, bawah Masjid Al-Falah, sampai ke depan Plasa Telkom," ujar Kepala Bagian Humas Setdako Batam, Yudi Admaji, Rabu (04/04/2018).

Pada bagian yang sudah dilukis, tampak gambar dua pasang penari berbusana Melayu. Merujuk pada tulisan di dekatnya, penari sedang membawakan Tari Zapin dengan iringan rebana.

Di bagian lain, dinding tergambar sosok Hang Tuah dengan kalimat pengiring 'Tak Kan Melayu Hilang di Bumi, Bumi Bertuah Negeri Beradat'.

Tahun lalu, CSR dari PGN juga disalurkan untuk melukis dinding samping perumahan Rosedale. Dinding ini tepat berada di simpang lampu merah BNI Sei Panas dari arah Ocarina.

Kepala Bidang Pertamanan Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman, dan Pertamanan Kota Batam, Irwan mengatakan luas dinding yang dihias di kawasan Nagoya ini sekitar 700-800 meter persegi.
Panjang dindingnya mencapai 200 meter di depan Graha Sulaiman, 144 meter di seberang Hotel Evitel, 59 meter di depan Masjid Al-Falah, dan 19 meter depan Plasa Telkom.

"Desain muralnya harus memperhatikan beberapa hal, seperti mengangkat kearifan lokal, mendukung pendidikan dan kebudayaan, dan tidak mengandung unsur SARA," pungkasnya.

Editor: Gokli