Diikuti 219 Peserta

SMKN 5 Batam Gelar Pelatihan Soft Skill & Kiat Sukses Dunia Kerja
Oleh : Suci Ramadhani
Kamis | 29-03-2018 | 08:40 WIB
smk-5-1.jpg
Pelatihan soft skill dan kita sukses dunia kerja di SMKN 5 Batam. (Foto: Suci)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Batam akan mengadakan program BKK (Bursa Kerja Khusus), yang bertujuan untuk membangun soft skill siswa-siswi dalam mendapatkan pekerjaan di perusahaan-perusahaan usai menamatkan pendidikannya di sekolah tersebut.

Pelatihan soft skill melalui program Bursa Kerja Khusus ini digelar selama 5 hari, 7-12 April 2018, diikuti 219 peserta.

Kepala Sekolah SMKN 5 Batam, Agus Sahrir MPd, yang ditemui di SMKN 5, Kelurahan Sei Pelunggut, Kecamatan Sagulung, Rabu (28/3/2018), menjelaskan, selain memberi ilmu dan keterampilan, sekolah juga harus membantu siswa kompetensi sebagai bekal untuk dunia kerja.

"Pelatihan soft skill kali berlangsung selama 5 hari, dan diikuti 219 peserta. Mereka akan dituntun menjadi kepribadian dan karakter yang lebih baik, dan tata bahasa untuk berkomunikasi yang baik," ujar Agus.

Dijelaskan, pelatihan diberikan sesuai jurusan yang diambil para siswa maupun alumni. Baik itu jurusan multimedia, kelistrikan kapal, mesin kapal, desain rancang bangun kapal, teknik instalasi tenaga listrik, teknik komputer jaringan, produksi grafika, teknik pemesinan, elektronika industri, dan teknik pengelasan.

"Kegiatan ini sebagai upaya menguatan soft kill anak dan kemampuan anak untuk lulus seleksi masuk ke dunia kerja," ucapnya.

Pemateri dalam pelatihan ini didatangkan dari mitra industri SMKN 5, yakni Indomarco, PT. Batam Cyclect dan Himpunan Kawasan Industri.

"Nanti disampaikan mengenai persiapan mencari kerja, dan surat-surat yang dibutuhkan untuk melamar kerja serta bagaimana berbicara baik, menghargai orang lain dan cara bekerja dengan baik dalam tim," ujarnya.

Sejauh ini SMKN 5 sudah memiliki Mitra Industri ada 42 perusahaan di Batam, dan juga Mitra Industri tempat magang siswa-i (PKL) sekitar 180 perusahaan.

"Alhamdulillah, kami sudah banyak melakukan MoU dengan perusahaan di Batam, bagi peruhaan yang membutuhkan karyawan langsung memberitahu. Kami langsung memberikan data anak murid sesuai dengan data dari siswa yang mengikuti pelatihan ini," pungkasnya.

Editor: Yudha