Sehari Pasca Razia, Tambang Pasir Ilegal di Dam Tembesi Kembali Beroperasi
Oleh : Yosri Nofriadi
Kamis | 15-03-2018 | 17:38 WIB
tambang-pasir1.jpg
Tambang pasir ilegal di kawasan Dam Tembesi tetap beroperasi. (Foto: Yosri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Aktivitas penambangan pasir di kawasan Dam Tembesi, Kecamatan Sagulung Batam, jalan lagi. Setelah kemarin diterbitkan oleh petugas Direktorat Pengamanan (Ditpam) Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Tampak, masih ada truk-truk pembawa pasir berlalu lalang di sekitar jalan Trans Barelang tersebut.

Warga di sekitar kembali menanyakan keseriusan pemerintah, sebab dampak kerusakan lingkungan sudah melebihi ambang batas. Daerah yang seharusnya menjadi resapan air itu kini telah rusak berat. Pohon-pohon di tebang, dan tanah sisa pembersihan pasir dibuang ke dam Tembesi.

"Masih bekerja di beberapa titik. Kemarin kan ngak semuanya alat penambang pasir di tertipkan. Itu cuma sedikit dan masih banyak lagi," ujar Petrus warga Tambesi, Kamis, (15/3/2018).

Warga di sana, kata Petrus, sudah lama protes keras dengan aktivitas tambang pasir ilegal tersebut namun mereka tidak bisa berbuat banyak sebab aktifitas pasir itu banyak pihak yang sudah terlibat di dalamnya.

"Penambang pasir di sini sudah lama dan sudah sistimatik. Banyak pihak yang mengambil untung di dalam aktivitas penambangan pasir itu," ujarnya lagi.

Retno, warga lainnya menambahkan, dam Tembesi adalah dam cadangan untuk kebutuhan air di Batam. Seharusnya BP Batam bisa melestarikamnya. Bukan malah membiarkan dirusak oleh oknum tertentu untuk kepentingan pribadi.

"Permasalahan tambang pasir ini sudah lama mencuat. Sudah tau merusak tapi dibiarkan. Tidak mungkin tak diketahui pemerintah," ujarnya.

Untuk itu warga meminta setiap instansi pemerintah yang terlibat dalam penanganan pasir ilegal ini ikut turun. Sehingga persoalan pasir ilegal tak berlarut-larut.

"Kuncinya ada di sikap dan ketegasan dari pemerintah. Harusnya kalau memang sudah jelas aktivitas penambangan pasir tersebut ilegal harus ditindak tegas," ujar Retno.

Pantauan dari kejauhan terlihat hilir mudik dump truk pengangkut pasir dari bukit. Truk langsung turun ke pinggiran Dam untuk mengangkut pasir.

Editor: Yudha