Kelurahan Buliang Minta Gedung Sekolah

Musrenbang Kecamatan Batuaji Didominasi Usulan Pembangunan Infrastruktur
Oleh : Yosri Nofriadi
Selasa | 06-03-2018 | 12:38 WIB
musrenbang-btaji.jpg
Suasana musrenbang di Kecamatan Batuaji yang dihadiri Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad. (Foto: Yosri Nofriadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dari empat kelurahan yang ada di Kecamatan Batuaji didominasi usulan pembangunan fisik infrastrutur, mulai dari perbaikan jalan rusak di lingkungan ataupun jalan utama, perbaikan drainase dan pengadaan fasilitas pendidikan dan lain sebagainya.

Musrenbang tingkat kecamatan itu digelar di Kantor Kecamatan Batuaji, Senin (3/6/2018) malam dan dihadiri Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad serta sejumlah anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Kota Batam dan Provinsi Kepri.

Kelurahan Buliang misalkan menginginkan pembangunan gedung sekolah baru SDN 08 di Perumahan Griya Prima yang selama ini menumpang di SDN 02 Batuaji. Selama ini ratusan siswa SDN 08 Batuaji, belum bisa menikmati fasilitas pendidikan yang ideal.

Sekolah yang sudah menumpang selama empat tahun di SDN 02 Batuaji ini belum memiliki gedung sekolah sendiri. "Yang penting sekarang ini, pembangunan gedung sekolah, Pak. Sudah empat tahun kami numpang. Jumlah siswa yang dimiliki sekarang sudah mencapai 200 orang lebih," ujar Arga, perwakilan dari Kelurahan Buliang.

Sementara Tanjunguncang, Kibing dan Bukit Tempayang selain mengusulkan perbaik saluran drainase mengusulkan untuk perbaikan jalan raya yang rusak serta semenisasi jalan di lingkungan perumahan.

Camat Batuaji Ridwan menuturkan, total usulan dalam musrenbang itu cukup banyak di atas 50 usulan. "Cukup banyak karena satu usulkan 10 program pembangunan untuk non PIK (Percepat Infrastruktur kelurahan) dan PIK mencapai 30 usulan. Rata-rata pembangunan fisik infrastruktur yang diusulkan," ujarnya.

Usulan-usulan tersebut ditampung kemudian disortir mana yang betul-betul prioritas akan dilanjutkan ke muresnbang Kota Batam. "Dari total semua usulan itu kita ambil 50 persen saja yang jadi prioritas dan masih didominasi pembangunan fisik infrastruktur juga," kata Ridwan.

Sementara Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan, usulan masyarakat Batuaji untuk pembangunan fisik infrastruktur cukup banyak. Namun itu semua akan diseleksi lagi sebab yang dibawa ke musrenbang kota hanya 50 persen dan yang benar-benar diprioritaskan termasuk proyek yang jadi fokus pemerintah seperti pembangunan jalan dan lain sebagainya.

"Tidak semua bisa diserap. Anggaran kita juga terbatas, jadi memang disaring lagi itu," ujar Amsakar.

Salah poin yang akan diakomodir seperti yang menjadi prioritas pembangunan masa jabatan mereka saat ini, kata Amsakar adalah peningkatan infrastruktur jalan raya.

"Dana kita kan harus dibagi-bagi. Jadi memang harus bertahap dan yang diakomodis seperti yang sedang kami gencat lakukan saat ini peningkatan infrastruktur jalan," demikian Amsakar Achmad.

Editor: Gokli