Menteri PUPR Janji Bangun Fly Over Simpang Kabil di 2019
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 03-03-2018 | 10:56 WIB
menteri-PUPR-dan-nurdin.jpg
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat berkunjung ke Batam di Aston Hotel (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pembangunan fly over Simpang Kabil yang direncanakan dilaksanakan pada akhir 2018 mendatang, batal terlaksana. Hal Itu diungkapkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Belum bisa tahun ini, Simpang Kabil kemungkinan 2019 mendatang," ujar Basuki saat berkunjung ke Batam di Aston Hotel, Jumat (2/2/2018) kemarin.

Menurutnya, penundaan fly over Simpang Kabil disebabkan karena terlalu berdekatan waktunya dengan pekerjaan pembangunan fly over di Simpang Jam. Fly over pertama di Batam itu, baru selesai dikerjakan akhir 2017 lalu.

"Simpang Kabil tahun lalu sudah kita programkan. Tapi karena bersamaan dengan Simpang Jam, kita tunda dulu pekerjaan pembangunannya," ujarnya.

Meski dilakukan penundaan, kata Basuki, akan tetap diprogramkan pada 2019 mendatang. Perkiraannya, Simpang Kabil akan masuk pada Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2019 mendatang. Namun baru bisa terealisasi setelah didapat pemenang tendernya.

"Kalau sekarang waktunya tidak mungkin setahun selesai. Apalagi panjang jalannya sekitar 400 meter," ujarnya.

Untuk desain fly over di Simpang Kabil sendiri, tambah Basuki, masih bisa menggunakan desain lama. Sehingga pihaknya tidak perlu mendesain ulang fly over itu.

"Karena masih setahun, hasil studinya masih bisa dipakai?. Jadi kita tinggal pembangunannya saja yang akan diprogramkan untuk tahun 2019," ungkapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, fly over yang akan dibangun di Simpang Kabil akan menggunakan anggaran Rp200 miliar. Fly over itu nantinya akan menghubungkan kawasan Industri Mukakuning, Bandara Hang Nadim dan Pelabuhan Batuampar.

"Jalan Simpang Kabil sepanjang 425 meter dan lebar 33 meter," ujar Direktur Perencanaan dan Teknik Badan Pengusahaan (BP) Batam, Imam Bachroni, tahun lalu.

Sedangkan Wali Kota Batam, HM Rudi juga menyampaikan, selain Simpang Kabil, akan dibangun juga fly over di Simpang KDA Batam Center, Simpang Punggur dan Simpang Indomobil.

"Sesuai Kepres, Batam akan dibangun 25 Km jalan tol. Ini tidak lepas dari pengerjaan fly over. Karena jalan tol itu tak boleh ada hambatan. Nanti di Batam ada lima fly over," kata Rudi.

Editor: Udin