Si Jago Merah Membara di TPA Telaga Punggur
Oleh : Hadli
Kamis | 01-03-2018 | 10:38 WIB
api-8.jpg
Seperti inilah penampakan api yang membara di TPA Telaga Punggur, Kota Batam pada Rabu malam. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Si jago merah berkobar hebat di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Telaga Punggur, Rabu (28/02/2018) malam. Disebut, api berasal dari puntung rokok diduga milik pemulung yang beroperasi di lokasi kejadian.

Kebakaran terjadi sejak pukul 16.00 WIB. Empat kendaraan dari PBK Pemko dan BP Batam serta ditambah mobil tanki dari Dinas Pemukiman Rakyat dikerahkan untuk memadamkan kobaran api yang semakin dahsyat merambat.

Api yang menghanguskan tumoukan sampah tu mengeluarkan asap yang berbahaya dari limbah rumah tangga. Setelah 12 jam lamanya, api baru berhasil dipadamkan namun belum merata.

"Kebakaran sudah terjadi sejak pukul 16.00 WIB, tetapi belum terlihat apinya masih asap mengepul. Pada pukul 22.00 WIB, api mulai terlihat besar dan merembet. Pukul 12.00 WIB api belum bisa dipadamkan secara keseluruhan," kata Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Herman Rozi, Kamis(1/3/2018).

Ia mengatakan, petugas mengalami kesulitan memadamkan api, karena api menjangkau hingga ke dasar sampah dan sewaktu waktu bisa kembali menyala jika penyiraman tidak sampai meresap ke bawah.

Herman memperkirakan api baru bisa dipadamkan pada pagi hari di karenakan sulitnya melihat api di dalam tumpukan sampah.

"Ini sudah separuhnya bisa kita selesaikan. Kita pastikan menggunakan alat pendeteksi besok pagi (hari ini, Kamis (1/2/2018), agar api benar benar sudah tidak ada," ujarnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran di TPA Telaga Punggur tersebut. Namun asap hitam yang mengepul sangat mengganggu kesehatan masyarakat.

Editor: Gokli