SMKN 8, Sekolah Kesehatan Pertama di Batam
Oleh : Suci Ramadhani
Kamis | 23-11-2017 | 10:26 WIB
SMKN-8-Batam.jpg
Gedung SMKN 8 Batam di Kavling Melati, Kelurahan Sei Pelenggut, Kecamatan Sagulung dalam tahap pembangunan. (Foto: Suci Ramadhani)

BATAMTODAY.COM, Batam - SMKN 8 di Kavling Melati, Kelurahan Sei Pelenggut, Kecamatan Sagulung satu-satunya sekolah kesehatan di Kota Batam.

Sekolah kejuruan yang mulai dioperasikan tahun 2017 ini telah memiliki 80 peserta didik. Mereka, dibagi dua kelas dengan satu jurusan yakni Farmasi Klinis dan Komunikasi.

Meski proses belajar mengajar masih numpang di SMKN 5, tak jauh dari lokasi SMKN 8, gedung sekolah kejuaruan yang dalam proses pembangunan ini dirancang untuk menampung sekitar 200 peserta didik baru pada tahun ajaran 2018/2019, dengan 9 ruang belajar.

"Lulusan dari SMKN 8 bisa menjadi asisten apoteker," kata Refio, Kepala Sekolah SMKN 8 Batam, Kamis (23/11/2017).

Ia memambahkan, tahun depan SMKN 8 Batam akan menambah dua jurusan baru, yakni Perawatan dan Elektromedik. "Tahun depan SMKN 8 Batam buka tiga jurusan," ujarnya.

Refio berujar, untuk jurusan elektromedik saat ini sangat dibutuhkan pihak rumah sakit. Sebab, hampir seluruh peralatan di rumah sakit menggunakan elektronik lantaran bidan atau yang lain tidak mengerti dengan elektronik.

Pihak sekolah sangat mengapresiasi terhadap Dinas Provinsi dan Pemerintahan Provinsi Kepri atas dukungan terhadap pembangunan gedung SMKN 8 Batam. "Saya mengucapkan terimakasih banyak untuk Pemerintahan provinsi yang mendukung SMK Negeri 8 Batam, biasanya kalau sekolah baru bisa numpang di sekolah lain bisa bertahun tahun, tetapi kami hanya 6 bulan saja, ini sangat luar biasa dukungan dari Pemerintah Provinsi," ucapnya.

Selain itu, SMKN 8 Batam juga berencana membuka apotek di wilayah Kelurahan Sei Pelunggut. Bahkan, rencana ini telah disetujui oleh Pemerintah Provinsi Kepri.

Editor: Gokli