Realisasi APBD Hingga September Capai 60 Persen, Bupati Anambas Mengaku Puas
Oleh : Alfreddy Silalahi
Kamis | 26-10-2017 | 15:02 WIB
Rapat-Evaluasi-OPD1.gif
Bupati Anambas Abdul Haris pimpin rapat evaluasi kinerja OPD. (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris mengaku puas dengan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kcamatan terkait realiasi APBD triwulan III tahun 2017. Melalui rapat evaluasi kinerja diketahui serapan anggaran rata-rata 60 persen.

"Progres realisasi fisik dan keuangan OPD dan kecamatan di atas 60 persen. Dan target hingga Desember mendatang hingga 99 persen. Artinya seluruh anggaran harus terserap," kata Bupati usai melakukan rapat evaluasi kinerja dengan seluruh pimpinan OPD dan Camat, Kamis (25/10/2017).

Bupati mengakui, sejumlah OPD yang pencapaian realisasi di atas rata-rata yakni PTSP, Disdukcapil, Satpol PP, Bakesbangpol dan Kecamatan. Namun masih ada sejumlah SKPD yang realisasinya di bawah rata-rata.

"Ini yang menjadi catatan bagi kami. Kira-kira apa penyebab realisasi itu dibawah rata-rata, itulah tujuan dilakukannya rapat evaluasi ini. Kalau memang ke depan juga tidak tercapai sesuai target, kami akan cari orang yang mampu bekerja," ujarnya seraya enggan menyebutkan OPD yang pencapaian realisasinya di bawah rata-rata.

Haris juga menyinggung, November mendatang pihaknya juga akan melakukan evaluasi kinerja. Menurutnya langkah tersebut untuk memastikan tidak ada program yang tercecer.

"November tahap akhir evaluasi, sebelumnya juga sudah kita lakukan evaluasi. Ini tidak hanya evaluasi fisik dan keuangan, tetapi kinerja OPD juga dinilai," jelasnya.

Dia juga menerangkan, sejumlah kendala yang dikhawatirkan yakni jumlah transfer Pemerintah Pusat tidak sesuai dengan target Pemda.

"Kalau dana transfer pusat macet, maka kinerja dan target 99 persen tidak tercapai. Ini yang menjadi kekhawatiran kami. Mudah-mudahan saja apa yang diharapkan berjalan lacar, sehingga program Pemda tetap berjalan sesuai target," ungkapnya.

Editor: Yudha