Kasatpel Bandara Letung Lobi Maskapai untuk Buka Rute Baru
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 16-10-2017 | 11:16 WIB
ariadi.jpg
Kasatpel Bandara Letung, Ariadi. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Bandara Letung berupaya menambah maskapai melayani rute dari dan menuju Jemaja, Anambas. Pasalnya hingga saat ini Wings Air ATR 72 sedang proses mengurus izin rute di Pemerintah Pusat.

"Wings Air sudah tertarik untuk membuka rute Batam - Letung saat ini sedang proses mengurus izin rute. Rencananya dalam tahun ini sudah beroperasi. Dengan durasi 55 menit dari Batam ke Letung, biaya penerbangan diperkirakan antara Rp600 ribu hingga Rp900 ribu," ujar Ariadi, Kasatpel Bandara Letung, Senin (16/10/2017).

Ariadi menambahkan, pihaknya juga sedang melobi dua maskapai yakni Nam Air rute Pontianak - Letung dan Garuda melayani rute Letung - Jakarta.

"Ini upaya untuk mempermudah transportasi dari dan menuju Anambas, sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan ke Anambas. Nam Air dan Garuda sedang kami lobi, dan dari koordinasi kami dengan perusahaan maskapai itu mereka siap. Untuk Letung - Jakarta, nanti akan ada transit di Belitung, karena Belitung sudah dilayani oleh Garuda," jelasnya.

Ia juga berharap adanya kesigapan Pemerintah Daerah untuk mendukung moda transportasi dari dan menuju Bandara Letung. Menurutnya Pemda harus menyediakan infrastruktur untuk mendukung kahadiran wisatawan.

"Kami sudah koordinasi dengan Pak Bupati mengenai moda transportasi untuk melayani Bandara Letung. Tetapi belum ada langkah nyata dari hasil koordinasi itu. Untuk memajukan pariwisata, kita harus bersinergi," tegasnya.

Ia menyinggung, meningkatnya kunjungan wisatawan ke Anambas akan sejalan untuk meningkatnya perekonomian masyarakat. "Secara otomatis akan mendongkrak perekonomian masyarakat. Tetapi kembali kepada Pemda untuk mendukung ini," tutupnya.

Editor: Gokli