Jelang Lebaran, BI Buka Layanan Penukaran Uang Pecahan di Anambas
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 06-06-2017 | 18:40 WIB
tukar-uang-01.gif
Pegawai BI Kepri layani penukaran uang pecahan di Anambas. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Layanan penukaran uang pecahan di Kabupaten Anambas yang telah dibuka Bank Indonesia (BI) dipadati banyak warga. Terbukti, dalam hitungan jam, Rp100 juta pecahan Rp20 ribu sampai dengan Rp1.000 yang telah disiapkan habis tertukar.

"Kami memang rutin melaksanakan pertukaran uang menjelang Idul Fitri di Anambas. Karena menjelang lebaran ini yang banyak menukar uang pecahan Rp20.000 hingga Rp 1.000. Masyarakat sangat antusias, kami buka dari pukul 09.00 WIB, ternyata selang waktu 1 jam lebih sudah ludes Rp100 juta," ujar Umar Bin Khatab, Perwakilan BI Kepri, Selasa (6/6/2017).

Pertukaran yang dilakukan BI, lanjut Umar, hanya berlangsung satu hari. Selanjutnya, masyarakat dapat menukar uang ke Bank lain, seperti BNI, Mandiri Syariah dan BRI.

"Kami tetap bekerjasama dengan bank yang ada di Anambas ini. Karena kami tahu, masyarakat menjelang Idul Fitri sangat banyak yang menukar uang. Kalau mau menukar, bisa langsung ke mereka. Uang lusuh juga banyak yang kami tarik," jelasnya.

Terkait keterbatasan penukaran uang, Umar mengakui, terkendala pada transportasi menuju Anambas. ?Awalnya salah satu maskapai yang melayani rute Tanjungpinang-Anambas, hanya mampu membawa 2 box tromol.

"Target awal bukan 2 box, kami ingin lebih. Karena minat masyarakat tinggi. Tetapi pihak maskapai hanya mampu membawa 3 box, itupun setelah dilakukan negosiasi. Memang kendala kami menuju Anambas selalu ditransportasi," akunya.

Salah satu warga, Darmin mengatakan adanya penukaran uang yang diadakan BI Kepri sangat membantu masyarakat.

"Ini menjelang lebaran, anak-anak pasti minta THR?. Menariknya lagi, rupiah yang ditukarkan ini keluaran baru semua. Tentu melihat dari bentuknya anak-anak sudah senang, tanpa melihat angka," ujar Darmin.

Editor: Gokli