Tahun Ini, Pemkab Anambas Rampungkan Pembangunana Pelabuhan di Jemaja dan Palmatak
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 29-05-2017 | 09:14 WIB
tol-laut-01.gif
Kapa Roro KM Caraka Jaya Niaga III-4 yang digunakan untuk kapal angkutan niaga tol laut Jakarta-Natuna-Tarempa (Anambas)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pembangunan pelabuhan Berhala-Letung di Jemaja dan pelabuhan Roro di Palmatak, Kabupaten Kepulauan Anambas akan dirampungkan tahun ini. Menyusul, Kementerian Perhubungan telah mengucurkan anggaran sebanyak Rp27 miliar.

Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas, Nurman menjelaskan dana yang dialokasian Kementerian Perhubungan Rp19 miliar digunakan menyelesaikan pembangunan pelabuhan Berhala-Letung. Sementara, Rp8 miliar akan digunakan menyelesaiakan pembangunan pelabuhan Roro di Palmatak.

"Anggaran yang kami dapat dari Kementerian Perhubungan untuk penyelesaian dua pelabuhan itu hanya Rp27 miliar, bukan Rp48 miliar," kata Nurman, sekaligus mengklarifikasi pernyataan Badan Perbatasan, belum lama ini.

Dikatakan Nurman, kedua pelabuhan itu sementara ini menjadi aset Kemernterian Perhubungan sebelum dihibahkan ke Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas. Bahkan, dana retribusi yang dipungut dari pelabuhan tersebut juga akan disetorkan ke Pemerintah Pusat.

"Pelabuhan itu aset Pemerintah Pusat. Semua biaya perawatan juga akan ditanggung Pemerintah Pusat," ujarnya.

Kendati Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas tidak akan menikmati hasil retribusi dari pelabuhan itu, kata Nurman, pihaknya tetap bersyukur karena keberadaan kedua pelabuhan itu akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Meski tak ada pemasukan untuk Kas Daerah, kita tetap berterima kasih karena Pemerintah Pusat mau membanguan kedua pelabuhan itu," kata dia.

Editor: Gokli