Kembangkan Sektor Pariwisata, Anambas Harus Lakukan Pembangunan Merata
Oleh : Fredy Silalahi
Sabtu | 27-05-2017 | 11:03 WIB
pantai-anambas-01.gif
Objek wisata pantai di Anambas. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pengembangan sektor pariwisata di Pulau Anambas dinilai belum maksimal. Pemerintah Kabupaten masih harus melakukan pembangunan secara merata.

Hal ini diutarakan salah seorang wisatawan, Bambang saat berkunjung ke Kabupaten Anamabas. Menurut dia, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas harus melakukan pembangunan secara merata, jangan hanya Kota Tarempa yang diperhatikan.

"Seperti Bintan memiliki berbagai event untuk memperkenalkan destinasi pariwisatanya. Event ini ini yang menarik dan membuat wisatawan penasaran. Memang Anambas mempunyai pesona nan indah, tetapi jangan fokus mencari investor. Perkenalkan dulu daerah ini lewat event, secara perlahan, investor juga akan masuk dengan sendirinya," katanya, belum lama ini.

Mantan pegawai Otorita Batam (OB) itu mengatakan Kabupaten Kepulauan Anambas berpeluang memiliki kolam renang, tepatnya di Air Terjun Temburun, Kecamatan Siantan Timur. Air Terjun Temburun sudah ditetapkan sebagai destinasi wisata unggulan Anambas, namun perlu membangun kolam demi menambah keindahan.

Ia menilai alangkah baiknya jika air terjun tersebut dimanfaatkan lebih baik lagi seperti membuat gelanggang untuk kolam renang air tawar yang akan menarik perhatian wisatawan. Apalagi Anambas ini mendapat dukungan penuh dari Provinsi Kepri di bidang pariwisata.

"Itu merupakan sebuah peluang. Karena Lingga, yang berencana membangun kolam renang berkisar Rp 9 miliar mendapat bantuan juga dari Provinsi. Nah itu salah satu jalan, minta bantu Provinsi, dibantu sedikit jadilah, yang penting Anambas terbangun," jelasnya.

Senada, Komisi III DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Raja Bayu mengatakan, pengembangan destinasi pariwisata butuh perhatian dari Pemerintah Daerah, khususnya Air Terjun Temburun. Menurutnya, sangat sia-sia bila Air Terjun Temburun yang sudah ditetapkan menjadi destinasi unggulan namun tidak dimanfaatkan.

"Selain menjadi tempat wisata, air terjun itu juga dimanfaatkan masyarakat untuk mendapatkan air bersih. Tetapi keadaan airnya, sangat keruh. Rugi rasanya bila tak dirawat. Ini yang perlu dicari solusinya. Berdayakan masyarakat, masyarakat pasti siap membantu, kalau ada perhatian Pemerintah," tegasnya.

Editor: Gokli