Dukung Program Pariwisata dan Perikanan

Masyarakat Anambas Diminta Jaga Kelestarian Terumbu Karang
Oleh : Alfreddy Silalahi
Senin | 17-04-2017 | 15:17 WIB
Bupati-Anambas-Abdul-Haris-Baru1.gif

Bupati Anambas, Abdul Haris. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas meminta masyarakat menjaga dan memelihara ekosistem terumbu karang. Selain mendukung sektor pariwisata, terumbu karang juga merupakan tempat tinggal ikan.

"Kita lagi konsen di sektor pariwisata dan perikanan. Kami berharap, masyarakat harus menjaga kelestarian terumbu karang, selain mendukung sektor pariwisata, terumbu karang juga tempat peristirahatan ikan, tentu ini juga membantu bagi nelayan," tegas Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris kepada warga Desa Teluk Sunting, Senin (17/4/2017).

Dia menjelaskan, beberapa resort di Anambas akan beroperasi. Menurutnya, masyarakat khususnya nelayan budidaya akan dapat memasok ikan ke resort tersebut.

"Pariwisata berkembang, tentu perekonomian masyarakat ikut. Karena pariwisata berkesinambungan dengan perikanan. Kita arahkan nanti pengelola resort mengambil ikan dari nelayan, jadi perekonomian masyarakat bergerak," tegasnya.

Dia juga menerangkan, di Anambas terdapat 106 titik terumbu karang dan memiliki luas 2 juta hektar taman wisata. Haris pun berharap agar masyarakat ikut menjaga laut, menjaga kelestarian terumbu karang.

"Tidak ada yang melarang masyarakat untuk menangkap ikan. Tetapi caranya jangan salah, jangan menggunakan bom ataupun putas. Karena itu akan menganggu pertumbuhan karang. Kita sama sama tahu, terumbu karang ini membutuhkan waktu untuk berkembang. Maka dari itu, kita harus sama-sama menjaga kelestarian terumbu karang, ini juga untuk kesejahteraan kita bersama," ujarnya.

Editor: Yudha