Ajukan Proposal ke Kemensos

Dinsos akan Memperbaharui Data Penyandang Disabilitas di Anambas
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 22-03-2017 | 17:38 WIB
ANAK-Disabilitas-di-Batam.gif

Penyandang disabilitas mengikuti serangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Disabilitas Internasional 2016 yang di laksanakan di Dataran Engku Putri, Batam Centre (Foto: Hadli/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos P3PMD) Kabupaten Kepulauan Anambas akan mendata ulang penyandang disabilitas dan lanjut usia. Hal tersebut dilakukan untuk proposal kepada Kementerian Sosial Republik Indonesia.

"Program ini lebih untuk memperbaharui data untuk mengajukan proposal ke Kemensos. Tujuannya untuk mengakomodir kebutuhan penyandang disabilitas di Anambas," ujar Kepala Bidang Rehabilitasi dan Jaminan Sosial, Dinsos P3PMD, Supriadi, Rabu (22/3/2017)‎.

‎Menurut Supriadi, Kemensos telah membuka sinyal kepada Pemkab Anambas. Pasalnya, Kemensos telah memberikan bantuan alat penunjang aktivitas sehari-hari kepada penyandang disabilitas di Anambas.

"Bantuan dari Kemensos sudah ada, tetapi tidak tercover semua. Ini yang sedang kami upayakan," terangnya.

Supriadi menambahkan, pihaknya berharap Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) ikut berpartisipasi untuk mendata penyandang disabilitas di Anambas. "Kami berharap, teman-teman dari LSM ikut ambil bagian pada pembaharuan data ini. Kami ingin bantuan ini tepat sasaran, dan semua kebagian," tegasnya.

Data yang berhasil dihimpun, pada tahun 2016 terdapat 1850 orang penyandang disabilitas dan lanjut usia di Anambas. Sementara dibandingkan pada tahun 2015 jumlahnya lebih banyak, yakni 1952 orang.
    
Editor: Udin